5 Tips dan Cara Ini Dapat Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Anak 5 Tips dan Cara Ini Dapat Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Anak


5 Tips dan Cara Ini Dapat Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Anak
Duniainformasikesehatan.com - Jika Anda ingin anak-anak Anda tetap fit dan sehat maka sudah tentu Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan anak setiap harinya. Tidak dapat dipungkiri memang, bahwa hal tersebut juga merupakan hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Terlebih kita semua juga sudah mengetahui bahwa kebiasaan setiap anak berbeda-beda dan tidak selalu sama.

Sebagai orang tua, tentu saja Anda akan menjadi garda terdepan yang menentukan tingkat pertumbuhan, kesehatan, hingga kekuatan anak. Dan saat mereka beranjak dewasa, maka sudah tentu tingkat kesulitan Anda untuk mengontrol segala sesuatunya pun akan bertambah sulit. Tidak hanya segi makanan saja yang harus diperhatikan dengan baik, namun pola dan kebiasaan mereka pun tentu akan menentukan tingkat kesehatan mereka.

Lalu, apa saja yang dapat ibu lakukan untuk menjaga kesehatan mereka? Berikut ini adalah beberapa tips dan juga cara menjaga kesehatan anak yang mudah dapat dapat dicoba dalam keseharian.

Biasakan Pola Tidur Teratur

Untuk membuat tubuhnya tetap sehat dan kuat, maka salah satu yang harus dijaga adalah pola istirahat mereka. Pola tidur yang lebih teratur setiap harinya akan membuat stamina mereka meningkat dan menjadikan tubuhnya lebih kuat. Selain itu, dengan pola tidur yang teratur juga anak-anak akan mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Untuk anak-anak dengan rentang usia 6 hingga 11 tahun, biasanya mereka akan membutuhkan waktu istirahat antara 9 hingga 11 jam setiap malam. Kekurangan waktu istirahat tersebut diketahui akan menyebabkan konsentrasi mereka menurun dan iritabilitas. Bahkan untuk jangka panjang, kurang tidur akan menyebabkan kegemukan pada anak.

Baca Juga : Mari Kenali Beragam Manfaat Es Batu Bagi Kecantikan Wajah

Sediakan Camilan Sehat

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap anak-anak akan selalu menyukai berbagai macam jenis camilan. Dan pada umumnya, camilan yang mereka suka adalah jajanan, baik dari lingkungan sekitar rumah ataupun sekolah. Untuk mencegah mereka mengkonsumsi makanan yang tak sehat, maka sebaiknya Anda selalu menyediakan camilan yang sehat untuk mereka. Dengan begitu, kesehatan tubuh mereka akan lebih terjaga dan terlindungi.

Lengkapi Kebutuhan Nutrisinya

Vitamin dan nutrisi tentu saja sangat dibutuhkan oleh sebagian ebsar anak-anak, terlebih mereka masih dalam tahap usia pertumbuhan. Dalam menu keseharian, sebaiknya Anda menyediakan buah dan sayuran untuk mereka konsumsi. Dengan begitu, asupan vitamin dan nutrisi ke dalam tubuh mereka pun dapat lebih seimbang.

Pasalnya di dalam sayur dan buah-buahan tersebut terdapat vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, hingga sebagai sumber energi. Tak hanya itu, buah dan sayur juga diketahui kaya akan serat, sehingga bik untuk sistem pencernaan mereka. Jika mereka tak suka, maka sebaiknya Anda berkreasi dengan bahan makanan lainnya.

Dukung Mereka untuk Berolahraga

Salah satu cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan anak-anak adalah dengan membiasakan aktivitas seperti olahraga. Ketahui jenis olahraga yang disukai oleh anak Anda dan berilah dukungan pada olahraga tersebut aga mereka dapat aktif bergerak semenjak dini. Berikan pengertian pada mereka, bahwa olahraga merupakan salah satu aktivitas yang menyehatkan namun juga menyenangkan.

Tidak hanya memberikan dukungan penuh pada olahraga yang disukainya, namun ajaklah mereka untuk berolahraga bersama keluarga pada pagi hari agar lebih menyenangkan. Selain itu, sesekali buatlah jadwal untuk melakukan aktivitas outdoor seperti hiking, berkemah, hingga melakukan outbond.

Baca Juga : 7 Efek Buruk Mengkonsumsi Junk Food untuk Kesehatan yang Kerap Diabaikan

Siapkan Sarapan Bergizi

Dari beberapa poin di atas, diketahui bahwa poin ini juga tidak kalah pentingnya. Pasalnya diketahui bahwa sarapan merupakan pondasi utama yang paling penting untuk mengawali hari. Maka dari itu, sediakan selalu sarapan sehat seperti susu, roti, sereal, atau bahkan membiasakan mereka makan nasi dan lauk pada pagi hari. Dengan asupan nutrisi yang seimbang di pagi hari, maka tubuh mereka akan lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Itulah beberapa tips dan juga cara menjaga kesehatan anak yang dapat diperhatikan. Tingkat kesehatan anak tentu saja akan bergantung pada seberapa besar perhatian orang tua mereka dalam keseharian. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuannya.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.