Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Asam Urat! | Dunia Informasi Kesehatan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Asam Urat!


Duniainformasikesehatan.com - Tentu kita semua juga sudah mengetahui bahwa penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang umum di derita oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi mereka yang sudah memiliki usia lanjut. Dan sebenarnya, penyakit yang menyerang bagian persendian ini dapat dihindari jika sudah mengetahui caranya.

Pada dasarnya kadar asam urat memang dibutuhkan oleh tubuh, namun tentu saja dengan ketentuan bahwa kadar asam urat tersebut berada pada batas yang normal. Dan saat kadar asam urat berlebihan di dalam tubuh, maka hal tersebut akan menjadi gangguan atau penyakit bagi tubuh. Oleh sebab itulah kadar asam urat tersebut harus dijaga agar berada dalam batas normal.

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Terkena Penyakit Asam Urat!
Ilustrasi Pernyakit Asam Urat Pada Persendian © Shutterstock

Dan saat kadar asam urat tersebut berlebihan di dalam tubuh, maka kadar asam urat tersebut akan menumpuk dan menjadi kristal pada area persendian. Hal tersebutlah yang biasanya memicu rasa nyeri pada bagian persendian. Dalam kondisi yang sudah parah, persendian tersebut biasanya akan membengkak hingga mengalami peradangan hebat.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Selain karena pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini juga rupanya disebabkan oleh faktor genetik atau turunan dengan riwayat penyakit yang sama. Untuk itulah, dibandingkan dengan mengobati tentu lebih baik menjaga agar tidak terkena penyakit asam urat ini. Dan jika tidak ingin terkena penyakit asam urat, maka hindarilah beberapa hal berikut ini.

1. Hindari Mengkonsumsi Jeroan Berlebihan

Makanan seperti jeroan dikenal memilliki zat purin yang sangat tinggi, sedangkan zat purin sendiri diketahui merupakan salah satu pemicu dari penyakit asam urat. Maka dari itulah hindarilah makanan seperti babat, ginjal, rempela, hati, kelenjar timus, usus, hingga berbagai daging lainnya yang mengandung kadar atau zat purin tinggi.

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan Laut Berlebihan

Selain jeroan, ragam makanan laut atau seafood juga diketahui memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Beberapa contohnya seperti sarden, ikan teri, tuna, makarel, kerang, udang, hingga lobster, dll. Bukan tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan laut tersebut, namun sebaiknya dibatasi dan jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan laut tersebut.

3. Hindari Mengkonsumsi Daging Berlebihan

Jika tidak ingin terkena penyakit asam urat maka hendaknya membatasi konsumsi daging, khususnya jenis daging merah. Karena diketahui daging merah memang memiliki kadar purin yang jauh lebih tinggi. Contohnya seperti daging sapi atau kambing. Jika ingin mengkonsumsi daging, maka dapat menggantinya dengan jenis daging putih seperti daging ayam atau kalkun.
Baca Juga : Cara Mengetahui Perbedaan Antara Kanker Kulit dan Kutil

4. Hindari Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Selain memicu kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh, sebenarnya mengkonsumsi minuman beralkohol juga dilarang dalam dunia medis. Karena memang menuman beralkohol sendiri lebih mudah memicu berbagai macam jenis penyakit, termasuk asam urat berlebih. Maka dari itulah hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, khususnya minuman seperti bir.

5. Hindari Mengkonsumsi Obat Berlebihan

Jika tidak ingin terkena penyakit asam urat, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan. Terkecuali memang dalam kondisi yang benar-benar darurat. Pasalnya setiap obat-obatan medis tentu akan selalu memiliki senyawa kimia yang dapat menyebabkan efek samping negatif bagi tubuh. Maka dari itulah jangan dibiasakan atau bahkan ketergantungan dengan berbaagi macam obat-obatan tersebut saat mengatasi penyakit.
Baca Juga : Lina Medina Pecahkan Rekor Ibu Termuda di Dunia, Melahirkan di Usia 5 Tahun

6. Banyak Minum Air Putih

Dan salah satu langkah lainnya untuk menghindari penyakit asam urat adalah dengan memenuhi asupan mineral dalam tubuh setiap harinya. Dengan asupan mineral yang cukup, maka sirkulasi pembuangan urin pun akan menjadi lancar. Sehingga kadar purin yang terdapat di dalam tubuh pun dapat terus terbuang melalui sirkulasi urin tersebut dan tidak akan menumpuk.

5 cara mencegah penyakit asam urat di atas tadi mungkin dapat dikatakan sebagai langkah pencegahan yang paling efektif dan ampuh. Sebenarnya, jika tidak ingin terkena berbagai macam jenis penyakit maka ubahlah pola hidup Anda menjadi pola hidup sehat. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close