6 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami, Cepat dan Efektif! | Dunia Informasi Kesehatan 6 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami, Cepat dan Efektif!


Duniainformasikesehatan.com - Hingga saat ini diketahui masih tidak sedikit kalangan yang berusaha untuk mencari cara menghilangkan panu yang cepat dan efektif. Jenis penyakit kulit ini terkadang kerap diabaikan atau bahkan tidak di sadari oleh banyak kalangan. Umumnya, penyakit kulit seperti panu biasanya akan banyak tumbuh di bagian belakang tubuh seperti punggung hingga bahu lengan.

Panu memang merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup umum dan sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Panu ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang bernama candida albicans. Bentuknya biasanya akan berupa bintik atau bercak berwarna putih yang akan terlihat jelas pada kulit.

6 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami, Cepat dan Efektif!
Ilustasi Penyakit Kulit Panu yang Bikin Gatal © Shutterstock

Jika dibiarkan, panu yang berada pada kulit tubuh biasanya akan terus berkembang dan bertambah banyak atau menjalar ke bagian tubuh lainnya. Bahkan tidak sedikit juga penderita panu yang memiliki panu hingga ke bagian wajah. Mereka yang kerap terkena penyakit kulit seperti panu ini biasanya kurang menjaga kebersihan tubuh dalam keseharian.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Kondisi tersebut jelas akan membuat rasa percaya diri menurun, terutama mungkin saat menggunakan pakaian yang sedikit terbuka. Tidak hanya itu, panu juga biasanya akan menimbulkan rasa gatal dan tentunya sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, dapat mencoba beberapa cara menghilangkan panu dengan bahan alami berikut ini.

1. Bawang Putih

Salah satu cara cepat menghilangkan panu adalah menggunakan bawang putih, namun diketahui bahwa cara ini merupakan cara yang sedikit kasar. Pertama, siapkan 1 siung bawang putih kemudian belah menjadi 2. Gosokan pada bagian permukaan kulit yang terdapat panu hingga terlihat memerah dan terasa sedikit perih. Diamkan sejenak dan ulangi cara tersebut lalu diamkan kembali. Dengan cara tersebut, jamur penyebab panu biasanya akan langsung hilang.

2. Lengkuas dan Garam

Satu lagi cara cepat menghilangkan panu yakni menggunakan lengkuas dan garam, namun cara ini juga merupakan cara yang cukup keras. Siapkan lengkuas kemudian cuci bersih dan belah menjadi dua. Gosokan pada permukaan kulit yang terdapat panu dan taburkan sedikit garam hingga terasa pedih dan memerah. Lakukan cara tersebut hingga 3 kali sehari.

3. Jeruk Nipis dan Belerang

Pertama-tama siapkan belerang secukupnya, haluskan belerang hingga lembut kemudian campurkan dengan air sari perasan jeruk nipis secukupnya. Aduk dua bahan alami tersebut hingga berubah menjadi seperti krim atau pasta. Kemudian, oleskan dan gosokan pada bagian permukaan kulit yang terdapat panu. Lakukan cara ini hingga 3 kali sehari.
Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Penuaan Dini dengan Mudah dan Efektif

4. Kapur Sirih dan Belimbing Wuluh

Siapkan buah belimbing wuluh yang masih segar dan kapur sirih secukupnya. Cuci besih buah belimbing wuluh kemudian haluskan hingga lembut, campurkan dengan kapur sirih secukupnya dan aduk hingga berubah menjadi seperti pasta. Oles dan gosokan pada permukaan kulit yang terdapat panu lalu biarkan hingga mengering. Bilas dan bersihkan dengan air dingin.

5. Getah Daun Jarak

Salah satu bahan alami lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan panu adalah getah dari daun jarak ini. Pertama-tama, siapkan daun jarak terlebih dahulu kemudian gosokan pada bagian permukaan kulit yang terdapat panu. Setelah itu, barulah oleskan dan gosokan getah daun jarak pada bagian yang berpanu tersebut. Diamkan sejenak, lalu bilas dan bersihkan.

6. Jahe

Bahan alami seperti jahe juga rupanya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kulit seperti panu. Siapkan 1 rimpang jahe kemudian cuci bersih dan kupas kulitnya, potong jahe tersebut kemudian langsung oleskan dan gosokan pada bagian kulit yang terdapat panu hingga beberapa saat. Diamkan agar menyerap kemudian bilas dan bersihkan dengan air bersih.

Cara menghilangkan panu tentu saja tidak harus selalu menggunakan beragam jenis obat-obatan medis, namun dapat juga menggunakan beragam bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh. Semoga informasi kesehatan kulit di atas dapat menjadi refrensi yang bermanfaat dan membantu, selamat mencoba.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close