Mengenal Penyakit Polip Hidung dan Cara Mengobatinya! | Dunia Informasi Kesehatan Mengenal Penyakit Polip Hidung dan Cara Mengobatinya!


Penyakit polip hidung adalah sebuah gangguan dengan kondisi tumbuhnya selaput lendir pada rongga alat pernapasan yakni hidung. Penyakit polip hidung ini memang bersifat jinak, namun jika dibiarkan maka sudah tentu akan menjadi penyakit yang menggangu kesehatan. Utamanya di bagian saluran utama pernapasan yakni rongga hidung.

Polip tersebut biasanya akan tumbuh pada daerah pembengkakan selaput lendir yang diakibatkan oleh penimbunan cairan. Contohnya pada bagian lubang sinus dalam rongga hidung, yang akan tampak seperti kantung air mata. Sedangkan untuk yang sudah sangat matang, maka akan terlihat seperti buah anggur dengan warna keabu-abuan.

Mengenal Penyakit Polip Hidung dan Cara Pengobatannya
Ilustrasi Penyakit Polip Hidung © Shutterstock
Dikatakan sangat mengganggu, karena kondisi tersebut akan menjadi gangguan bagi saluran pernapasan. Seperti merasa tersumbat hingga merasakan penurunan fungsi pada indera penciuman secara perlahan. Tak hanya itu, untuk gejala lanjut maka penderitanya juga biasanya akan mengalami keluhan penurunan fungsi pada indera perasa mereka.

Gejala dan Penyebab Penyakit Polip Hidung

Penyebabnya sendiri hingga saat ini masih belum diketahui dengan pasti karena berasal dari beberapa faktor tertentu. Namun menurut medis, kondisi polip hidung ini diketahui karena terjadinya infeksi dan pembengkakan pada saluran pernapasan. Adapun beberapa penyebab dari penyakit polip hidung tersebut antara lain seperti :
  1. Dari penyakit sinusitis yang sudah berlangsung lama bahkan hingga menahun.
  2. Memiliki alergi pada mukosa hidung yang juga berlangsung dalam waktu yang lama.
  3. Terdapat kelainan anatomi yang kemudian mempersempit rongga pada bagian hidung hingga menyebabkan penyumbatan.
  4. Adanya pembesaran di bagian konka.
  5. Serta terjadinya iritasi dan infeksi.

Beberapa penyebab di atas tadi diketahui merupakan penyebab umum yang dapat memicu terjadinya penyakit polip pada bagian rongga hidung. Beberapa penyakit polip yang biasanya akan ditemukan pada sebagian besar penderita antara lain adalah Rinitis Alergika, penyakit Asma, Sinusitis kronis, dan Fibrosis Kistik.

Sama seperti penyakit lain pada umumnya, tentunya penyakit polip hidung ini juga memiliki ciri-ciri atau gejala yang akan dirasakan penderitanya. Tentunya beberapa gejala tersebut juga sebaiknya diwaspadai agarr dapat melakukan pengobatan sedini mungkin. Adapun beberapa gejala atau ciri-ciri dari penyakit polip hidung yang dapat kita ketahui adalah :
  • Kerap mengalami rasa sakit kepala yang berkepanjangan
  • Hidung tersumbat
  • Merasakan gatal pada bagian rongga hidung
  • Suaran menjadi sengau karena penyumbatan saluran pernapasan
  • Menurunnya fungsi indera penciuman bahkan hingga indera perasa
  • Menderita flu yang berkepanjangan dan tidak sembuh-sembuh
Baca Juga : 6 Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Aman dan Ampuh
Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas maka hendaknya langsung melakukan pengobatan untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah. Tidak hanya melakukan pengobatan medis, namun penyakit polip hidung ini juga dapat dibantu diatasi dengan cara alami. Beberapa ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit polip hidung ini adalah :

1. Kunyit dan Benalu Teh

Pertama-tama siapkan kunyit dan benalu teh secukupnya, cuci berssih dua bahan alami tersebut lalu rebus dengan air secukupnya. Biarkan hingga air rebusan mendidih kemudian saring dan dinginkan air rebusan tersebut. Setelah itu, minum ramuan herbal alami di atas tadi hingga dua kali dalam sehari secara rutin dan teratur.

2. Jahe dan Jeruk Nipis

Siapkan jahe yang sudah dikeringkan lalu dihaluskan telebih dahulu, siapkan juga bahan-bahan lain seperti air perasan jeruk nipis, cengkeh, daun sereh, dan daun sirih. Satukan dalah sebuah wadah kemudian rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut dan minumlah secara rutin dan teratur setiap pagi hari hingga kurang lebih 1 bulan.

3. Sambiloto dan Temu Putih

Siapkan daun sambiloto dan juga temu putih secukupnya, setelah itu cuci bersih dua bahan herbal alami tersebut dan tiriskan. Rebus kedua bahan alami tersebut menggunaka air bersih sebanyak kurang lebih 700cc, biarkan hingga mendidih san surut hingga airnya tersisa hanya sekitar 300cc. Saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari secara rutin dan teratur.
Baca Juga : Hindari 5 Jenis Makanan Ini Jika Tidak Ingin Asam Lambung Anda Naik!

Selain menggunakan pengobatan dengan cara alami di atas, penyakit polip hidung juga tentunya dapat diatasi dengan menggunakan pengobatan medis. Yakni dengan menggunakan obat-obatan oral hingga melakukan metode operasi untuk menganggkat kantung yang berisi cairan di dalam rongga hidung tersebut.

Akan tetapi yang pasti, disaat Anda sudah mengalami beberapa gejala dari penyakit polip hidung di atas tadi maka hendaknya dapat langsung menanganinya sedini mungkin. Karena jika dibiarkan maka kondisi tersebut akan terus memburuk dan menyebabkan gangguan kesehatan yang kroni. Semoga informasi kesehatan tubuh di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat bagi Anda semuanya.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.