7 Tanda yang Menunjukkan Tidur Anda Kurang Berkualitas | Dunia Informasi Kesehatan 7 Tanda yang Menunjukkan Tidur Anda Kurang Berkualitas


Sebenarnya efek dari tidur kurang berkualitas di pagi hari mirip dengan kurang tidur dimalam hari. Hal ini menandakan bahwa Anda akan merasa lelah, kurang konsentrasi, dan sulit bangun dari tempat tidur.

Segala sesuatu yang serba kekurangan ataupun kelebihan pasti akan menyebabkan sesuatu hal, demikian pula dengan tidur yang kurang. Tidur kurang berkualitas tentu saja dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh maupun aktivitas anda sehari-hari.

"Memang kita tak akan bisa langsung bangun dan merasa segar saat alarm berbunyi, tapi jika satu jam setelah bangun tubuh masih terasa lelah dan mengantuk, kemungkinan Anda kurang mengalami tidur dalam," kata Shelby Harris direktur Pengobatan Perilaku Tidur di Motefiore Health System, AS.

7 Tanda yang Menunjukkan Tidur Anda Kurang Berkualitas
Ilustrasi tidur kurang berkualitas © Shutterstock

Mari kita telusuri apa saja tanda-tanda Anda kurang mendapat tidur yang kurang berkualitas meski durasi tidur sudah cukup. Dan inilah 7 Tanda yang menunjukkan tidur Anda kurang berkualitas yang kami lansir dari Kompas.com.

1. Terus mengantuk

Normal jika Anda merasa mengantuk setelah makan siang. Tetapi, kualitas tidur yang buruk bisa jadi penyebab mengapa Anda juga mengantuk di pagi hari atau sore, serta terus-menerus menguap.

"Banyak orang mengira mereka tertidur semalaman, tetapi orang dengan gangguan tidur sleep apnea, sepanjang waktu tidur mereka terganggu sehingga tubuh kekurangan oksigen sehingga esok harinya mengantuk," kata Harris.

2. Daya ingat menurun

Tidur sangat penting untuk performa otak, terutama di bagian prefrontal cortex, area yang penting untuk perhatian dan memori jangka pendek. Tidur kurang nyenyak bisa menurunkan fungsi otak.

3. Gampang marah

Ya, jika Anda mengalami tidur yang kurang dalam, Anda akan gampang emosi. Penelitian menunjukkan, orang yang kurang tidur memiliki mood lebih buruk. Selain itu, tidur dan depresi juga berkaitan erat.

4. Mudah lapar

Sulit menahan rasa lapar dan terus ngemil makanan tinggi kalori? Mungkin pemicunya karena kualitas tidur Anda buruk. "Kita akan mencari makanan tinggi gula, tinggi lemak untuk sumber energi yang cepat," kata Harris. Tidur yang tidak nyenyak bukan cuma membuat kita kelelahan, tapi juga tidak bisa membuat keputusan dengan baik.

5. Malas melakukan aktivitas fisik

Bila kualitas tidur Anda buruk selama beberapa malam, mood akan berantakan dan juga kurang berenergi keesokan harinya. Ini sebabnya mengapa Anda jadi malas melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

6. Libido rendah

Kurang tidur dan juga tidur kurang nyenyak diketahui akan menurunkan gairah s*ksual. Selain itu, kurang tidur juga memengaruhi level hormon yang sangat penting untuk kepuasan dan fungsi s*ksual.

7. Timbangan bertambah

Mungkin porsi makan Anda tak bertambah, tapi tetap saja timbangan bertambah. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang tidurnya kurang dalam memiliki lingkar pinggang lebih lebar. Kemungkinan hal ini terjadi karena pengaruh hormon pertumbuhan dan kortisol yang berperan penting dalam lemak visceral.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close