Mengenal Secara Lebih Dalam Manfaat Bawang Hitam | Dunia Informasi Kesehatan Mengenal Secara Lebih Dalam Manfaat Bawang Hitam


Manfaat Bawang Hitam dikenal sebagai salah satu jenis bawang yang berkhasiat tinggi. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, umumnya jenis-jenis bawang yang diketahui hanya berkisar pada jenis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, dan bawang lanang. Ketiga bawang yang disebutkan di awal seringkali digunakan sebagai bahan penyedap masakan meskipun dapat juga digunakan sebagai bahan obat-obatan alami. Sedangkan bawang lanang biasanya digunakan sebagai obat herbal dan umbi bawang yang akan ditanam selanjutnya. Nama bawang hitam masih belum santer didengar oleh banyak orang.

Namun meski demikian, saat ini popularitas bawang hitam mulai menanjak perlahan dan pasti. Pamornya mulai melejit sejak ia diketahui menyimpan segudang khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat Bawang Hitam tidak hanya sebatas untuk kebugaran tubuh namun juga untuk mengalahkan segala jenis penyakit kelas berat sekelas kanker, dll. Karena itu, Khasiat bawang hitam tidak bisa dibilang main-main. Bawang hitam sungguh memiliki manfaat yang berkali-kali lipat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mengkonsumsi bawang putih biasa. Baca juga : Kenali Tips dan Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Manfaat Bawang Hitam

Mengenal Secara Lebih Dalam Manfaat Bawang Hitam
Ilustrasi manfaat bawang hitam © shutterstock

Apakah Bawang Hitam Itu?

Bagi Anda yang masih awam tentang bawang hitam mungkin akan mengira bahwa bawang ini merupakan salah satu varian terbaru dari keluarga bawang. Sebenarnya bawang hitam adalah bawang putih yang telah mengalami proses fermentasi dan pemanggangan dengan durasi waktu yang cukup lama, berkisar antara 40 hari sampai 90 hari, yang menyebabkan perubahan warna pada daging bawang tersebut dari yang semula putih menjadi menghitam. Perubahan warna ini terjadi karena adanya enzim maillard dan karamelisasi. Kombinasi enzim ini memberikan warna, rasa, serta bentuk yang khas yakni menjadi lebih kenyal, lembut, dan asam. Lantas, bagaimanakah dengan manfaat bawang hitam itu sendiri?

Kandungan Zat yang Terkandung di dalam Bawang Hitam

Anda tak perlu meragukan Manfaat Bawang Hitam karena dalam sebiji bawang hitam yang Anda konsumsi terkandung kadar anti oksidan yang sangat tinggi yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan flavonoid serta polivenol-nya menjadikan bawang hitam sebagai ikon terbaru obat herbal dalam dunia kesehatan. Anda juga bisa menemukan kandungan minyak atsiri yang baik untuk anti-bakteri dan anti-septik. Kandungan allicin dan aliin dapat membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan tekanan darah Anda. Anda tak perlu khawatir karena masih ada belasan kandungan zat yang lain yang bermanfaat untuk tubuh seperti kalsium, saltivine, diallysulfide, belerang, fosfor, zat besi, dan beragam vitamin seperti A, B1, dan C.

Mengenal Secara Lebih Dalam Manfaat Bawang Hitam
Manfaat bawang hitam salah satunya adalah sebagai anti kanker

Segudang Manfaat yang terkandung dalam Sebiji Bawang Hitam

Manfaat Bawang Hitam telah dikenal di banyak negara sebagai salah satu obat herbal alami yang sangat manjur. Cara menggunakannya pun sangat mudah yakni cukup dikonsumsi secara langsung setiap hari.Khasiat bawang hitam antara lain adalah sebagai anti-kanker. Sudah jelas karena kandungan ati oksidannya yang tinggi membuatnya mampu menopang tubuh serta membentenginya dari serangan beragam jenis penyakit salah satunya adalah kanker. Selain itu, Anda yang memiliki penyakit diabetes akan sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang ini. Karena ia dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh Anda, hal ini menyebabkan Anda turut terhindar pula dari penyakit serangan jantung.

Salah satu Khasiat bawang hitam yang paling banyak digemari dan mendapat tempat yang lebih di kalangan wanita adalah kemampuannya dalam mencegah penuaan dini. Rata-rata wanita selalu ingin tampil cantik dan awet muda, untuk itu mengkonsumsi bawang hitam menjadi salah satu solusi yang menjanjikan. Manfaat Bawang Hitam lain masih berhubungan dengan kecantikan. Bawang hitam bila Anda gosokkan ke wajah Anda yang berjerawat atau memiliki bekas luka maka ia akan mengurangi bahkan dapat menghilangkan masalah tersebut apabila Anda menggunakan secara rutin. Mengkonsumsi bawang ini setiap hari sudah tentu mampu membersihkan segala racun yang ada dalam tubuh Anda. Sehingga Anda tak perlu khawatir lagi mengenai kondisi tubuh Anda.

Manfaat Bawang Hitam sangat banyak sehingga tidak akan cukup apabila bila dijabarkan secara satu per satu. Anda tak perlu meragukan sedikitpun tentang kemampuannya. Hanya dengan satu siung bawang hitam yang dikonsumsi secara rutin setiap hari mampu meningkatkan daya tubuh Anda selalu. Kekebalan tubuh Anda akan meningkat dan stabil. Sehingga Anda akan terhindar dari beragam penyakit mulai dari penyakit-penyakit jenis ringan hingga penyakit-penyakit jenis berat. Anda hanya harus ingat untuk selalu menyimpang bawang hitam anda di sebuah toples yang tertutup dengan suhu yang stabil dan terhindar dari matahari secara langsung.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close