Cara Mudah Menggunakan Obat Bisul Alami | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mudah Menggunakan Obat Bisul Alami


Bisul merupakan penyakit yang sangat tidak menyenagkan, karena bisul membuat kita tidak nyaman untuk bergerak. Selain itu bisul juga dapat menyebabkan nyeri yang menyebar ke daerah dekat dengan bisul itu tumbuh. Walaupun bisul merupakan salah satu penyakit yang cukup dikenal di masyarakat kita, namun masih banyak orang yang masih bingung dan belum tepat dalam hal mengobati bisul tersebut. Mereka bahkan sudah mencoba berbagai macam obat bisul seperti menggunakan obat salep bisul yang banyak tersedia dia apotek atau toko obat, ada juga yang menggunakan daun-daunan. Itu semua merupakan usaha penderita untuk mengobati penyakit bisulnya yang memang membuat sangat tidak nyaman karena rasa sakit yang ditimbulkan seperti nyeri, demam, dan bahkan bisul juga dapat menghambat kegiatan sehari-hari.

Bisul adalah benjolan yang tumbuh di dalam kulit, terasa nyeri, berwarna kemerahan, dan berisi nanah akibat dari infeksi bakteri. Bakteri tersebut masuk melalui pori-pori kemudian menginfeksi akar rambut (folikel rambut). Gejala awal bisul dimulai dengan warna kulit yang memerah, kemudian timbul benjolan yang terasa sakit, kemudian semakin besar semakin sakit dan berisi nanah, sampai akhirnya di saat sudah matang, bisul akan pecah dan nanah akan mengalir. Bisul merupakan penyakit yang mudah menyebar, oleh karena itu jika anda menggunakan obat bisul anda harus lebih selektif dan berhati-hati.
Cara Mudah Menggunakan Obat Bisul Alami
Ilustrasi bisul dibadan

Bakteri yang sering menjadi penyebab timbulnya bisul ini adalah bakteri staphylococcus aureus. Jenis bakteri ini sering dijumpai di dalam kulit dan dalam hidung. Bisul mudah timbul di lokasi yang mana kulit telah rusak karena cedera kecil atau gigitan serangga, yang memberikan kemudahan bagi bakteri tersebut untuk masuk dan kemudian menginfeksi. Untuk itu jika anda menemukan tanda-tanda tersebut segeralah anda bergegas mencari obat bisul, sebelum bisul anda bertambah parah.

Mengobati bisul sendiri di rumah anda dapat melakukannya karena sangat mudah. Hal ini ditujukan ke bisul yang masih kecil atau baru tumbuh supaya mencegah agar penyebaran tidak semakin lebar dan membesar serta untuk membantu infeksi sembuh lebih cepat. Pertama dengan mengkompres air hangat, tempelkan waslap atau handuk kecil hangat ke daerah kulit yang terkena bisul selama 15 menit beberapa kali sehari. Ini adalah obat bisul yang akan membantu bisul cepat matang, mengurangi nyeri, dan mencegah penyebaran. Kemudian jangan pernah memencet bisul sendiri, karena akan mempermudah penyebaran infeksi. Dan yang terakhir adalah dengan mencegah kontaminasi, cuci tanganlah sampai bersih setelah mengobati bisul, dan cucilah pakaian, handuk, dan kompres yang anda gunakan setelah menyentuh bisul untuk mencegah timbulnya bisul yang lainnya. Selain itu, anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk obat bisul tradisional.

1. Bawang Putih

Menggunakan bawang putih sebagai obat bisul sangatlah mudah. Bahan yang digunakan adalah bawang putih dan sedikit garam, caranya dengan menghaluskan kedua bahan tersebut. Jika kedua bahan tersebut sudah halus, anda bisa menempelkannya pada bisul anda. Namun, anda harus tetap hati-hati karena bawang putih akan memberikan rasa panas pada kulit anda, anda harus menahannya supaya bisul anda cepat sembuh. Lakukanlah sesering mungkin, dalam waktu beberapa jam bisul anda akan mulai mengecil. Baca juga : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dengan Bawang Putih

2. Mentimun dan Biji Pala

Mentimun memiliki kandungan 15 gram kalori per 100 gram, jadi kandungan kalorinya sangat sedikit sehingga baik untuk mengobati bisul dan sembelit. Selain itu kulit mentimun juga memiliki serat makanan yang banyak. Cara menggunakan mentimun dan biji pala ini sebagai obat bisul adalah dengan memarut mentimun sampai halus. Kemudian campurkan dengan biji pala, selanjutnya bungkus dengan daun pisang. Jika sudah dibungkus dengan daun pisang, tempelkanlah bungkusan daun pisang tersebut ke bagian tubuh yang terkena bisul. Akan lebih baik jika anda mengikatnya dengan kain supaya daun pisang tersebut tetap menempel pada bagian yang terkena bisul. Gantilah ramuan tersebut 2 kali sehari supaya cepat sembuh.

3. Daun Singkong

Obat bisul dengan menggunakan daun singkong memang sudah di percaya sejak dulu. Yang anda butuhkan adalah daun singkong yang sudah tua. Kemudian rebuslah daun singkong tersebut, setelah itu gunakan rebusan daun singkong yang masih hangat tersebut untuk ditempelkan di tempat yang terkena bisul. Diamkan beberapa saat, dan lihatlah hasilnya dalam sehari bisul anda akan semakin mengecil.

4. Daun Sirih

Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, dan salah satunya adalah sebagai obat bisul. Tips mengobati bisul dengan menggunakan daun sirih cukup mudah. Anda cukup menyiapkan beberapa lembar daun sirih dan kemudian haluskan daun sirih tersebut. Gunakan daun sirih yang telah dihaluskan tersebut untuk bisul anda. Supaya lebih maksimal anda bisa menggunakan kain untuk membalut daun sirih tersebut ke bisul anda. Baca juga : Cara Mengatasi Keputihan Dengan Memanfaatkan Daun Sirih

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close