Cara Mengobati Sakit Ulu Hati Dengan Ramuan Alami | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mengobati Sakit Ulu Hati Dengan Ramuan Alami


Ulu hati dalam bahasa kedokteran disebut dengan epigastrum. Ulu hati terletak di bagian bawah tulang dada dan di atas pusar dan berada diantara tulang rusuk. Sakit di ulu hati bisa menyebabkan dan disertai dengan rasa mual, kembung dan sendawa, kram, rasa lapar bahkan hingga penurunan bearti badan dan muntah muntah.

Rasa sakit ini bisa menyebar di atas dada dan di punggung. Sakit pada bagian ulu hati juga bisa menjadi tanda bahwa anda menderita maag atau bahkan gastritis atau asam lambung yang meningkat. Bisa juga sebagai tanda sedang terjadi sesuatu pada hati anda, yang artinya sakit ulu hati tidak boleh diremehkan karena dapat berakibat fatal.

Cara Mengobati Sakit Ulu Hati Dengan Ramuan Alami
Ilustrasi sakit pada ulu hati © healthxchange.com.sg

Penyebab Sakit Ulu Hati

Sakit di ulu hati bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama adalah karena adanya sindrom iritasi usus. Hal ini disebabkan usus besar yang kram, perut kembung dan perubahan frekuensi buang air besar. Hal ini bisa saja terjadi dimana kondisi dinding usus di lapisan otot penggerak lebih kuat dan lama dibandingkan dengan ketika membawa makanan dari perut menuju saluran usus ke anus. Namun pada dasarnya penyebab utama dari sakit ini tidak bisa dipastikan. Ada beberapa hal yang di duga memicu sindrom ini. paling tidak berisiko tinggi terkena sindrom ini adalah wanita, orang dibawah usia 45 tahun ataupun ada anggota keluarga yang memiliki riwayat iritasi usus.

Penyebab sakit di ulu hati yang kedua adalah tukak peptik. Hal ini merupakan kondisi dimana lapisan dinding lambung atau usus kecil mengalami luka. Hal ini disebabkan karena zat asam di dalam saluran pencernaan mampu merusak permukaan lambung ataupun susu kecil. zat asam inilah yang menyebabkan luka dan sangat menyakitkan karena bisa saja membuat berdarah. Kondisi ini bisa disebabkan karena menggunakan obat-obatan seperti apsirin, ibuprofen, naporxen dan lain lain. Tukak lambung sendiri juga bisa disebabkan karena makanan yang pedas dan kondisi stress. Nyeri saat terkena tukak peptik juga bisa dirasakan di area pusar dan dada tidak hanya di ulu hati. Rasa nyeri ini bisa hilang dalam beberapa hari atau satu minggu.

Penyebab sakit di ulu hati lainnya adalah pankreatis. Sakit di ulu hati yang satu ini karena ada masalah dalam organ pankreas. Organ ini merupakan organ tubuh yang membantu proses mencerna makanan dan hormon serta mengatur ke dalam tubuh dalam memproses gula. Penyakit ini terjadi karena pankreas kita meradang. Sakit yang ditimbulkan dari pankreatis juga bisa menyebar ke punggung bahkan bisa di iringi dengan muntah. Tanda tanda lainnya adalah adanya perubahan warna yang berada di sekitar pusar dan panggul, perut yang kaku, dan rasa sakit di perut yang parah setelah makan. Penyakit ini bisa menyebabkan penurunkan berat badan dan mengeluarkan tinja yang berbau dan berminyak. Selain itu penyebab ulu hati yang sakit juga bisa dikarenakan adanya kanker lambung, preeklamsia dan penyakit pada kantong empedu.

Tips Mengatasi Sakit Ulu Hati

Sakit di ulu hati jika tidak parah bisa diatasi dengan beberapa tips ringan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. tips untuk mengatasi sakit di ulu hati adalah dengan menggunakan obat antasida yang bisa menetralkan asam lambung. Obat ini bisa anda konsumsi sesaat sebelum tidur atau setelah makan sekitar 60 menit setelahnya. Selain itu yang paling penting adalah tidak banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein, minuman beralkohol, makanan yang banyak mengandung minyak, lemak dan pedas. Makanlah makanan yang ringan .

Bahan bahan Alami Obat Sakit Ulu Hati

Sakit di ulu hati bisa di atasi dengan menggunakan bahan bahan alami yang ada di sekitar kita. Bahan bahan yang bisa di gunakan antara lain lidah buaya, soda kue, jahe, cuka sari apel dan chamomil. Jika nada ingin menggunakan jahe sebagai obat untuk nyeri di ulu hati mudah sekali caranya. Anda tinggal mengkonsumsi lidah buaya baik sebagai minuman atau makanan. Lidah buaya memiliki zat yang mampu meredakan iritasi atau luka bakar.

Selain lidah buaya soda kue ternyata efektif juga untuk meringankan sakit di ulu hati. Soda kue merupakan obat untuk menetralkan asma lambung yang aman. Soda kue mampu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh lambung. Selain itu soda kue juga mampu mengatasi rasa terbakar dan menetralkan kadar ph di dalam tubuh. Jahe juga bagus untuk meredakan ulu hati yang sakit. Jahe memiliki kelebihan dalam menghilangkan gejala mual ataupun peradangan.

Selain beberapa bahan bahan tersebut, anda juga bisa menggunakan sari cuka apel untuk mengobati sakit di ulu hati. Sari cuka apel baik dalam menetralkan kadar asam di dalam lambung. Jika anda meminum sari cuka apel dalam kadar yang sedikit anda bisa mencegah lambung yang terlalu asam. Selain itu kadar ph di dalam tubuh juga terjaga. Cara mengkonsumsinya adalah dengan mengencerkan cuka apel ke seperempat cangkir air kemudian diminun setelah makan kira kira 30 menit.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close