Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil | Dunia Informasi Kesehatan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil


Manusia, khususnya seorang ibu memiliki tubuh dengan perlindungan yang sangat unik, sehingga mampu melindunginya dari berbagai penyakit. Sama halnya dengan seorang ibu hamil, Janin yang ada di dalam perut seorang ibu juga terlindungi dengan cara yang unik. Ia beristirahat dalam cairan ketuban, sehingga bisa mengapung dalam ruangannya sendiri dan juga bisa bergerak bebas.

Meskipun seorang ibu dan janinnya diberkahi dengan anugerah unik tersebut, tubuh seorang ibu hamil juga membutuhkan perhatian pada posisi tidurnya. Apa saja posisi tersebut? Berikut posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

4 Posisi Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil

Saat kehamilan mulai memasuki usia tua, sulit tidur merupakan masalah yang seringkali terjadi. Sebenarnya, hal yang menjadi alasan sulit tidur ini ialah ukuran janin yang sudah semakin membesar. Tidak mengherankan jika seorang ibu hamil akan gelisan dan serba salah di waktu tidurnya. Berikut beberapa posisi tidur yang baik untuk seorang ibu hamil.
Baca juga : Manfaat buah mangga untuk ibu hamil

1. Menyamping Ke Kiri

Caranya ialah dengan berbaring menyamping sambil menekuk lutut. Agar lebih nyaman, anda letakkan bantal antara kaki, bawah perut, dan bawah punggung. Inilah salah satu posisi tidur yang telah dirokemendasikan oleh dokter saat usia kehamilan besar. Hati berada di sebelah kanan perut anda, sehingga posisi ini akan membuat janin yang ada di perut terhindar dari daya tekanan dari organ besar tersebut. Posisi tidur seperti ini juga dapat mengoptimalkan proses pengaliran darah menuju plasenta serta janin.

2. Bersandar

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil selanjutnya ialah bersandar. Caranya ialah dengan menumpuk beberapa bantal, kemudian tidurlah dengan tubuh hingga kepala menyandari di tumpukan bantal tersebut. Lutut anda akan terasa lebih nyaman jika anda menaruh sejumlah bantal di bawah lutu tersebut. Tidur bersandar ini bisa anda pilih jika memang tidak memungkinkan untuk posisi tidur menyamping.

CARA CEPAT HAMIL
Untuk Anda Yang Belum Punya Momongan
Atau Sudah Punya Anak Tapi Susah Hamil Lagi

silahkan download Ebooknya dibawah ini :
Cara Cepat Hamil

3. Telentang 1

Caranya hampir sama dengan posisi tidur bersandar, anda taruh sejumlah bantal kemudian tidurlah dengan kepala di atas bantal tersebut, taruh juga setumpuk bantal di bawah lutut. Posisi tidur ini dapat membuat seorang ibu hamil menjadi lebih nyaman saat tidur. Posisi tidur ini juga dianjurkan bagi para ibu hamil yang seringkali mengalami sakit kepala.

4. Telentang 2

Cara ini merupakan posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil yang mengalami pegal di kaki. Topanglah kepala dan bokong dengan sejumlah bantal untuk tidur telentang. Luruskan kedua kaki dan beri sandaran arau tumpuan seperti 3 tumpuk bantal. Renggangkan kaki anda sejauh mungkin kemudian istirahatlah. Jagalah supaya posisi telapak kaki tetap dalam keadaan datar. Untuk tidur dengan posisi telentang sebaiknya lakukan seperlunya saja, jangan terlalu sering. Lakukan jika memang tubuh dalam keadaan pusing, kaki pegal, ataupun memang tidak memungkinkan jika tidur dalam posisi yang lain.

Nah, itulah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, tetap jaga kesehatan ibu dan bayi, semoga bermanfaat ya! Salam Sehat. Baca juga : Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Ini Dia!

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close