Gejala Anemia Pada Ibu Hamil dan Pencegahannya! | Dunia Informasi Kesehatan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil dan Pencegahannya!


Anemia adalah penyakit yang disebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau yang sering disebut dengan kandungan hemoglobin. Hemoglobin itu sendiri adalah suatu senyawa protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah menuju ke seluruh jaringan tubuh.

Anemia sering dialami oleh ibu hamil karena selama masa kehamilannya produksi darah sang ibu berfungsi untuk menyangga pertumbuhan janin di dalam perut yang menyebabkan sang ibu membutuhkan sel darah merah yang banyak agar tubuh tetap sehat dan kuat. Maka dari itu anemia pada ibu hamil sering terjadi dan harus dilakukan penanganan yang tepat agar tidak mengganggu kehamilan dan janinnya.

Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil
Ilustrasi anemia pada ibu hamil

3 jenis anemia pada ibu hamil

1. Anemia defisiensi vitamin B12
Vitamin B12 berfungsi bagi tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Ketika sedang hamil, seorang wanita tidak mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup dari makanan dan tubuhnya tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat dalam jumlah banyak. Ibu hamil yang mengalami anemia defisiensi vitamin B12 harus mengkonsumsi daging, susu dan telur agar memperoleh vitamin B12.

2. Anemia defisiensi zat besi
Anemia ini disebabkan kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam jumlah yang cukup, kemudian akan menyebabkan darah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke seluruh jaringan tubuh.

3. Anemia defisiensi folat
Jenis anemia ini merupakan jenis anemia pada ibu hamil yang disebabkan kurangnya vitamin B dalam tubuh yang berfungsi untuk menghasilkan sel-sel baru termasuk sel daram merah yang sehat sehingga selama kehamilan sang ibu membutuhkan folat tambahan.

Gelaja anemia saat kehamilan

  1. Gejala anemia pada ibu hamil antara lain kulit, bibir dan kuku akan terlihat pucat.
  2. Kepala terasa pusing yang disebabkan kurangnya oksigen yang dapat dibawa ke seluruh jaringan tubuh.
  3. Merasakan sesak nafas saat melakukan kegiatan sehari-hari karena kurangnya oksigen dalam tubuh 
  4. Mudah terasa lelah, disebabkan kurangnya asupan gizi yang mengakibatkan turunnya kekebalan pada tubuh
  5. Detak jantung yang cepat dan berdebar tidak beraturan yang disebabkan kekurangan oksigen dalam tubuh
  6. Merasa mual dan rambut mudah rontok

Resiko anemia pada kehamilan

Kemungkinan anemia pada ibu hamil akan meningkatkan resiko yaitu :
  1. Melahirkan bayi prematur
  2. Melahirkan bayi yang menderita gangguan tabung sarah
  3. Mengalami depresi setelah melahirkan
  4. Membutuhkan transfusi darah jika kehilangan darah yang banyak selama persalinan

CARA CEPAT HAMIL
Untuk Anda Yang Belum Punya Momongan
Atau Sudah Punya Anak Tapi Susah Hamil Lagi

silahkan download Ebooknya dibawah ini :
Cara Cepat Hamil

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia
  1. Konsumsilah suplemen zat besi,suplemen asam folat dan  atau suplemen vitamin B2
  2. Konsultasikan kepada dokter mengenai porsi makanan yang dapat dikonsumsi selama kehamilan untuk mencegah terjadinya anemia seperti daging merah, sayuran, telur, buah-buahan dan lain-lain.
  3. Lakukan pemerikasaan darah unutk melihat hemoglobin dan kadar hematokrit sehingga dapat diketahui apa ibu mengalami anemia sehingga dapat melakukan penanganan dini.

Bagaimana ibu-ibu? sudah mengerti bukan apa saja penyebab anemia? khususnya bagi ibu hamil. Usahakan untuk makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran karena sangat baik bagi kesehatan ibu dan calon bayi itu sendiri. Jangan biarkan anemia menyerang anda, karena akan berakibat buruk bagi calon bayi, lebih mencegah dari pada mengobati.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close