Ini Dia Penyebab Paru-Paru Basah !! | Dunia Informasi Kesehatan Ini Dia Penyebab Paru-Paru Basah !!


Paru-paru basah atau pneumonia (dalam istilah medis) adalah infeksi atau peradangan dari satu atau kedua paru-paru yang disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur. Yang berbahaya dari penyakit paru-paru basah ini adalah beberapa penderita penyakit paru-paru basah tidak dapat disembuhkan yang berujung pada kematian.

Penyebab paru-paru basah juga dapat dialami bagi orang yang menghirup cairan atau bahan kimia yang berbahaya. Penderita penyakit paru-paru basah memiliki kantung udara dalam paru-paru yang dipenuhi cairan atau nanah yang mengganggu kerja paru-paru untuk mentransfer oksigen ke darah. Dibawah ini akan dijelaskan apa saja gejala, penyebab, pencegahan dan pengobatan penyakit paru-paru basah.

Ini Dia Penyebab Paru-Paru Basah dan pengobatannya
Ilustrasi paru-paru basah © shutterstock

Gejala penyakit paru-paru basah

Gejala yang ditumbulkan oleh penyakit paru-paru basah adalah penderita mengalami batuk berdahak yang bercampur dengan darah dan sistem pernafasan akan terganggu serta dada akan terasa nyeri. Disamping itu, penderita penyakit paru-paru basah akan merasakan sakit pada bagian kepala, tenggorokan dan beberapa otot pada bagian tubuh lainnya. Gejala lainnya yang akan dirasakan oleh penderita penyakit paru-paru basah adalah nafsu makan yang terus menurun.

Penyebab penyakit paru-paru basah

Virus adalah salah satu penyebab  penyakit pneumonia atau paru-paru basah. Virus sinsitial pernapasan, influenza, adenovirus dan painfluenza adalah penyebab paru-paru basah yang sering terjadi. Selain itu, penyakit ini dapat disebabkan oeh aspirasi kandungan lambung atau iritasi lainnya.

Penyakit paru-paru basah yang disebabkan  oleh bakteri dapat terjadi melalui hidung atau mulut disaat bernafas di lingkungan sekitar orang yang terkena infeksi. Orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit paru-paru basah adalah perokok aktif, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, pengkonsumsi minuman beralkohol, orang yang mengidap penyakit kronis seperti jantung, diabetes, asma, HIV, kanker dan lainnya.

Pencegahan penyakit paru-paru basah

  1. Jagalah kebersihan lingkungan tempat tinggal anda yang dapat menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya virus ataupun bakteri yang dapat menjadi penyebab paru-paru basah yang akan mengancam kesehatan anda serta buatlah sirkulasi udara yang baik dalam ruangan pada rumah anda.  
  2. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.
  3. Lakukan vaksin imunisasi terutama pada anak yang dapat mencegah penyakit paru-paru basah serta serangan dari bakteri Haemophylus influenza tipe B.


Pengobatan penyakit paru-paru basah

Penderita penyakit paru-paru basah dapat mengkonsumsi obat herbal yang mengandung ekstrak kulit manggis, daun sirsak atau bunga rosella. Ekstrak kulit manggis mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan efek antibakteri yang berfungsi untuk menghambat dan membunuh virus, bakteri atau jamur yang menjadi penyebab paru-paru basah.

Obat herbal yang mengandung ekstrak daun sirsak juga memiliki kemampuan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang bergunan bagi tubuh yang lemah dan terkena penyakit lainnya serta dapt membantu proses penyembuhan bagi penderita penyakit paru-paru basah. Selain ekstrak daun manggis dan kulit sirsak, bunga rosella yang mengandung kalsium, magnesium, omega 3, vitamin C, D, B1 dan B2 juga dapat menjadi obat bagi penderita penyakit paru-paru basah.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.