Ciri-ciri dan Gejala Kanker Kulit yang perlu Anda ketahui | Dunia Informasi Kesehatan Ciri-ciri dan Gejala Kanker Kulit yang perlu Anda ketahui


Kanker kulit adalah suatu penyakit yang sangat ditakuti, karena kebanyakkan penderitanya akan sulit sembuh jika terkena penyakit ini. Sebelum menjelaskan apa saja ciri-ciri dan gejala kanker kulit, mari kimak berikut pengertian kanker kulit terlebih dahulu.

Kanker kulit merupakan pertumbuhan sel kanker yang tidak wajar pada kulit. Jika dibiarkan tanpa ada penanganan medis lebih lanjut, sel kanker ini bisa menyebar ke organ tubuh lain. Kanker kulit merupakan tipe kanker yang sering terjadi di Amerika. Sebanyak satu dari lima penduduk di Amerika diketahui terinfeksi oleh jenis kanker satu ini, menurut Skin Cancer Foundation.

Ciri-ciri dan Gejala Kanker Kulit yang perlu Anda ketahui
Ilustrasi Kanker kulit pada seorang Pria

Ciri-Ciri Kanker Kulit

Kulit kita bekerja sebagai perisai untuk melindungi dari berbagai macam gangguan seperti kehilangan cairan, bakteri, dan benda benda asing lainnya. Bagian paling luar dari kulit yang disebut epidermis, adalah bagian terluar yang sering bersentuhan secara langsung dengan benda benda asing. Walaupun bagian ini mengalami regenerasi secara teratur, bagian ini juga sangat rentan mengalami kerusakan dari paparan sinar matahari, infeksi, dan luka. Epidermis sendiri terdiri dari berbagai macam tipe sel.
Baca juga : Ciri-ciri Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya

Kanker kulit ini dibagi menjadi 5 tipe, apa saja tipe tersebut, simak dibawah ini :

Actinis Keratosis

Actinis Keratosis merupakan salah satu area kecil berwarna merah jambu atau pink yang terletak di bagian kulit yang terekspos sinar matahari secara langsung. Ini adalah tahap paling awal yang sering muncul dari kanker kulit dan bisa berkembang menjadi basal cell carcinoma pada penderita dengan catatan kesehatan memiliki lebih dari satu jenis kanker kulit. Walaupun jarang, kondisi ini juga bisa menjadi awal dari kanker kulit yang disebut squamous cell carcinoma. Baik basal cell carcinoma dan squamous cell carcinoma sangat mirip sehingga beberapa ahli terkadang salah dalam membedakan kedua jenis ini.

Basal Cell Carcinoma

Sel basal terletak dibagian terbawah dalam lapisan epidermis. Kanker yang terletak di bagian ini disebut dengan bacal cell carcinoma dan tipe ini mencapai 80% dari beragam jenis kanker kulit yang muncul. Area yang sering terkena terletak di leher dan kepala. Basal cell carcinoma merupakan jenis kanker kulit dengan pertumbuhan yang lambat dan jarang menyebar ke area lain. Ini biasanya muncul di kulit ditandai dengan tonjolan berwarna merah jambu atau merah.

Squamous Cell Carcinoma

Squamous cell carcinoma mempengaruhi sel yang terletak di bagian tengah jaringan epidermis. Jenis ini diketahui lebih agresif daripada basal cell carcinoma. Wujudnya berwarna merah dan terletak dibagian yang terekspos sinar matahari. Biasa terdapat dibeberapa area seperti tangan, kepala, leher, bibir, dan telinga. Beberapa area dengan penampakan sama bisa jadi merupakan squamous cell carcinoma in situ, bentuk awal dari kanker sel squamous.

Melanoma

Melanoma jarang terjadi bila dibandingkan dengan jenis kanker kulit yang sudah disebutkan sebelumnya. Melanoma, berdasarkan studi, merupakan tipe yang paling berbahaya, menyebabkan lebih dari 75% penderitanya menuju kematian. Tipe ini terjadi di area yang menciptakan pigmen dan menciptakan cekungan dengan sebuah pola ABCDE.
  • Bentuk yang tidak teratur ( asimetris ) 
  • Batas yang tidak teratur 
  • Warna 
  • Diameter 
  • Perubahan dari cekungan / luka 

4 Tipe Utama Dari Melanoma

  1. Superficial Spreading Melanoma : Merupakan tipe yang paling umum, bagian yang terkena biasanya datar, dengan bentuk yang tidak beraturan dan terdiri dari berbagai macam warna seperti hitam dan coklat. Tipe ini bisa terjadi pada rentang semua umur. 
  2. Lentigo Maligna Melanoma : Biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut umur, ditandai dengan luka yang lebar, datar, berwarna kecoklatan. 
  3. Nodular Melanoma : Bisa berwarna gelap, hitam, biru atau tidak berwarna sama sekali. 
  4. Acral Lentiginous Melanoma : Tipe yang jarang muncul, biasanya muncul di telapak tangan, tapak kaki, atau dibawah jari. 

Kaposi’s Sarcoma

Walaupun tidak digolongkan ke dalam jenis kanker kulit, Kaposi’s Sarcoma merupakan salah satu jenis kanker yang melibatkan luka dikulit berwarna merah kecoklatan sampai biru dan biasa ditemukan dikaki. Jenis ini biasa disebabkan oleh salah satu jenis virus herpes, dan biasanya dihubungkan dengan penderita HIV Aids.

Siapa Saja Yang Bisa Terserang?

Walaupun ada beberapa jenis kanker kulit, kebanyakan jenis kanker kulit ini muncul karena faktor faktor yang hampir sama seperti:
  • Terlalu lama terpapar sinar matahari 
  • Usia diatas 40 tahun 
  • Catatan kesehatan dimana ada salah satu anggota keluarga yang terkena kanker 
  • Transplantasi organ
  • Corak kulit yang cerah / kuning langsat 
Bagaimanapun, orang muda dengan corak kulit gelap juga bisa terkena kanker kulit.

Kenali Lebih Dalam Tentang Kanker Kulit dan Cara Pencegahannya

Lebih cepat kanker kulit dideteksi, lebih cepat pula pengobatannya. Periksakan kulit anda secara teratur jika anda melihat gejala gejala yang tidak normal /wajar dikulit. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, anda bisa mengunjungi ahli kulit.

Tindakan pencegahan seperti menggunakan tabir surya atau membatasi diri dari paparan sinar matahari secara langsung adalah cara terbaik untuk mencegah terserang kanker kulit.

Dan yang pasti adalah dengan menjalani pola hidup sehat yang benar akan menhindarkan anda dari berbagai macam resiko penyakit, termasuk salah satunya adalah kanker kulit. Baca juga : Beberapa Penyebab Penyakit Herpes dan Cara Mengobatinya

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close