4 Cara Mencegah Penyakit Flu Dan Penyebarannya | Dunia Informasi Kesehatan 4 Cara Mencegah Penyakit Flu Dan Penyebarannya


Flu bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Akan tetapi, anak-anak memiliki resiko yang lebih besar terserang flu dibandingkan orang dewasa. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena imun tubuh mereka lebih rendah dibandingkan orang dewasa. Tidak hanya itu, anak-anak sering melakukan apapun yang mereka inginkan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Dengan kata lain, anak-anak kurang bisa menjaga kebersihan mereka sendiri.

Lalu apakah kita bisa mencegah orang lain atau keluarga kita dari serangan flu? Tentu saja bisa!
Musim hujan atau musim dingin merupakan musim dimana flu sering melanda. Hal ini karena imun tubuh kita seringkali berkurang kemampuannya karena sudah terbagi untuk melawan rasa dingin itu sendiri. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan tubuh manusia rentan terhadap kuman dan virus.
Baca juga : Virus HPV penyebab utama kanker serviks dan Ciri-ciri Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya

Cara mencegah dan menghindari penyebaran flu

Beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mencegah dan menghindari penyebaran flu diantaranya adalah.

4 Cara Mencegah Penyakit Flu Dan Penyebarannya
Ilustrasi sedang terkena penyakit flu © shutterstock

1. Datanglah ke puskesmas atau Rumah Sakit untuk mendapatkan Vaksin Flu

Anak diatas usia 6 bulan hingga orang tua harus mendapatkan Vaksin Flu setiap tahunnya, terlebih dimana musim flu sedang melanda. Jika Anda adalah ibu hamil atau Anda adalah orang yang memiliki masalah dengan beberapa alergi, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mendapatkan Vaksin Flu.

2. Biasakan untuk mencuci tangan 

Usahakan untuk mencuci tangan sebelum makan dan sebelum tidur. Atau setelah batuk, bersin, dan setelah Anda membersihkan hidung. Karena jika tidak segera dibersihkan bakteri atau virus akan mudah menempel di tangan dan akhirnya menyebabkan flu.

3. Jauhkan batuk dan bersin dari diri Anda sendiri

Menjauhkan batuk dan bersin dari diri Anda sendiri dengan cara menggunakan tissu atau sapu tangan, atau jika Anda harus menggunakan bagian dari tubuh Anda untuk menahan batuk atau bersin, gunakan bagian dalam siku Anda.
Baca juga : Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk
Perhatikan! Penting untuk tidak menggunakan tangan ketika menahan batuk dan bersin.

4. Jauhkan tangan Anda dari mulut, hidung, dan mata.

Di musim dingin atau di musim flu adalah saat yang tepat untuk benar benar melakukan tips-tips di atas. Karena tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan mengurangi kontak tangan dengan hidung, mata, dan mulut tentu dapat mengurangi resiko Anda terkena flu.

Kita sering memegang sesuatu yang terkadang menjadi sumber kuman dan virus, kemudian tanpa sadar, kita langsung mengambil makanan, tusuk gigi, sendok, piring dan lain sebagainya, dan kemudian menggunakannya. Itulah yang menyebabkan seseorang lebih mudah terkenal virus seperti flu. Baca juga : Beberapa Penyebab Penyakit Herpes dan Cara Mengobatinya

Biasakan mencuci tangan

Cara terbaik untuk mencegah terkenal dan mencegah penyebaran flu adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan dengan baik dan benar merupakan langkah yang pertama.

Kebiasaan baik berupa mencuci tangan, adalah sebuah kebiasaan yang dapat mencegah kuman masuk ke dalam mulut dan tubuh Anda.

Nah, perhatikanlah cara mencuci tangan yang baik dan benar berikut ini.

1. Gunakan air hangat

Mencuci tangan harus menggunakan air hangat. Bukan air panas dan juga air dingin.

2. Gunakan sabun

Untuk mencuci tangan, Anda dapat memanfaatkan sabun jenis apapun. Baik itu yang berbau harum maupun sabun yang memang di formulasikan sebagai antibakteri. Karena dengan menggunakan sabun akan lebih baik daripada tidak menggunakan sabun.

3. Cuci tangan selama 15 s/d 20 detik

Ketika Anda mencuci tangan dengan sabun, pastikan Anda mencuci pergelangan tangan, jari-jari, dan sekitar kuku. Kuku adalah tempat yang paling disenangi oleh kuman, dimana mereka dapat bersembunyi dibagian ini. Mencuci tangan selama 15 s/d 20 detik, akan membuat Anda lebih aman dari virus flu.

4. Bilas dan keringkan

Anda dapat membilas dan mengeringkan menggunakan handuk. Dan sering seringlah mencuci handuk. Karena handuk juga bisa menjadi sarang kuman jika tidak pernah dicuci, atau hanya dicuci sebulan sekali.

5. Beritahu teman Anda

Memberitahu teman untuk menjaga kebersihan juga merupakan langkah yang bisa Anda gunakan untuk mencegah diri Anda terkenal flu.

Jagalah baik-baik kesehatan anda, cegah sebisa mungkin agar anda terhindar dari flu, karena kesehatan sangat mahal harganya. Baca juga : 7 Manfaat Madu yang Menakjubkan

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close