Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Ini Dia! | Dunia Informasi Kesehatan Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Ini Dia!


Tumbuh kembangnya janin di dalam tubuh seorang ibu sangat terpengaruh oleh apa saja yang dilakukan oleh si ibu hamil itu sendiri. Biasanya para ibu hamil harus menjaga perilaku sehari-hari, ya semacam pantangan ibu hamil begitulah. Ibu hamil biasanya harus memperhatikan segala hal mulai dari makanan apa saja yang boleh di konsumsi, kegiatan apa saja boleh dilakukan serta posisi tidur juga harus lebih dijaga. Baca juga : Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Semua itu dilakukan agar calon bayi lahir bisa lahir dalam keadaan sehat dan selamat. Salah satu pantangan paling tidak boleh dikerjakan ibu hamil adalah terjatuh dan mengangkat barang berat karena dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil itu sendiri.

Kali ini kita akan membahas pantangan ibu hamil dan harus anda ketahui. Nah, apa sajakah pantangan ibu hamil tersebut? Berikut ulasannya.

Macam-Macam Pantangan Ibu Hamil

Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Ini Dia!
Ilustrasi pantangan ibu hamil
Dibawah ini telah dirangkum beberapa pantangan ibu hamil yang biasa kita temukan sehari-hari dan apa sajakah pantangan tersebut? Mari simak ulasannya dibawah ini.

1. Mengkonsumsi Makanan Mentah

Pantangan ibu hamil yang pertama adalah jangan mengkonsumsi makanan mentah. Mengkonsumsi makanan mentah masih berupa daging ataupun sayuran akan memicu tingginya risiko gangguan kesehatan. Berbagai makanan mentah dari ikan seperti sushi, daging setengah matang, serta adonan mentah banyak mengadung bakteri, parasit, serta virus yang dapat mengganggu tumbuh kembang janin di dalam perut ibu hamil.

Apalagi jika usia dari kandungannya masih tergolong muda dan masih rentan mengalami keguguran. Sayuran mentah seperti kecambah misalnya juga mempunyai risiko bakteri tinggi jika dibandingkan jenis sayur lainnya. Sebaiknya pastikan sayuran yang anda konsumsi sudah benar-benar matang dengan sempurna untuk menghindari risiko terganggunya kesehatan pada janin anda.
Baca juga : 5 Macam Buah-Buahan Baik Untuk Ibu Hamil

2. Ikan Mengandung Merkuri

Pantangan ibu hamil selanjutnya ialah mengkonsumsi merkuri. Pada umumnya, ikan dari laut memang tergolong baik untuk kesehatan, termasuk juga bagi kesehatan janin. Namun, seorang ibu hamil harus seselektif mungkin karena ikan memiliki kandungan merkuri akan tidak baik untuk janin anda. Beberapa ikan dengan kandungan merkurinya tinggi seperti tilefish, ikan todak, dan ikan mackerel, dikhawatirkan kandungan merkurinya akan mengganggu sistem saraf serta perkembangan otak janin.

3. Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan pantangan ibu hamil paling berbahaya. Minuman beralkohol dapat menghambat asupan nutrisi yang masuk ke tubuh janin, selain itu juga membuat oksigen sebagai kebutuhan janin jadi tersendat. Alkohol juga mempengaruhi kemampuan dari otak janin sehingga bagi seorang pecandu alkohol, ketika mengandung akan menyebabkan bayinya berisiko mengalami beberapa gangguan pada otak dan fisik, termasuklah untuk IQ nya.

4. Kafein

Berbagai penelitian mencoba menghubungkan kehamilan dengan mengkonsumsi kafein. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar memang akan mengganggu kesehatan semua orang, apalagi untuk seorang ibu hamil. Mengkonsumsi kafein dengan jumlah besar, seperti kebiasaan minum kopi ataupun suplemen dapat menyebabkan risiko keguguran bagi ibu hamil serta kelahiran bayi prematur, untuk kasus paling parah akan menyebabkan kematian saat kelahiran bayi. Usahakan untuk memperhatikan pantangan ibu hamil satu ini, karena beresiko kematian pada calon bayi.

5. Kalori Berlebih

Bagi seorang ibu hamil, memang memerlukan tambahan kalori namun dalam jumlah cukup serta takarannya tepat. hal tersebut demi menghindari adanya masalah obesitas untuk seseorang sedang hamil. Obesitas jika dialami seorang ibu, baik itu sebelum ataupun selama masa kehamilan akan meningkatkan terjadinya resiko bayi yang lahir dengan berat badannya tinggi serta terkena resiko penyakit diabetes.

CARA CEPAT HAMIL
Untuk Anda Yang Belum Punya Momongan
Atau Sudah Punya Anak Tapi Susah Hamil Lagi

silahkan download Ebooknya dibawah ini :
Cara Cepat Hamil

6. Menggunakan Baju Ketat

Anda sering meremehkan pantangan ibu hamil yang satu. Memakai baju ketat akan beresiko bagi janin, apalagi bagian perut sehingga mengganggu perkembangan dari janin. Bagi seseorang wanita jika selalu ingin tampil modis, dapat memilih pakaian khusus ibu hamil, setidaknya pilih baju yang tidak ketat.

7. Merokok

Ibu hamil juga dilarang untuk merokok, jika anda memang seorang perokok usahakan untuk menahan, jika tidak ingin terjadi sesuatu dengan janin anda. Pantangan ibu hamil yang satu benar-benar harus anda kerjakan jika anda ingin bayi anda lahir dalam keadaan normal. Menurut penelitian jika seorang ibu hamil merokok jadi menyebabkan keguguran dan cacad pada bayi.

Itulah beberapa pantangan ibu hamil, yang harus anda ketahui.  Jangan sampai dilakukan, ya! Jaga kesehatan ibu dan calon bayi ya.. semoga lancar persalinannya.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.