Virus HPV penyebab utama kanker serviks | Dunia Informasi Kesehatan Virus HPV penyebab utama kanker serviks


Kanker serviks merupakan kanker ganas yang terbentuk dalam jaringan serviks (leher rahim). Ada beberapa tipe kanker serviks. Tipe yang paling umum dikenal adalah squamous cell carcinoma (SCC), Kanker serviks diduga disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus ( HPV). Namun, banyak yang menanyakan apakah Virus HPV penyebab utama kanker serviks?

Menurut penelitian salah satu rumah sakit di Singapore, Infeksi virus HPV merupakan penyebab utama tumbuhnya kanker serviks, sekitar 80-85 % dari seluruh jenis kanker serviks disebabkan oleh virus HPV. Tipe-tipe lain kanker serviks seperti adenocarcinoma, small cell carcinoma, dll, merupakan tipe kanker serviks yang langka yang tidak terkait dengan virus HPV. Beberapa tipe kanker yang telah disebutkan, tidak dapat ditanggulangi seperti SCC.
Virus HPV penyebab utama kanker serviks

Terinfeksi virus HPV merupakan sebab paling umum atau faktor utama terjadinya kanker serviks. Virus-virus ini ditularkan melalui hubungan s*ksual, baik oral maupun anal.
Adapun ciri-ciri kanker serviks adalah, silahkan baca halaman ini : "Ciri-ciri Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya".

Setiap wanita yang aktif secara s*ksual memiliki resiko terkena kanker serviks. Akan tetapi wanita dengan partner s*ks lebih dari satu memiliki resiko yang lebih besar. Wanita yang melakukan hubungan s*ks tanpa pelindung sebelum umur 16 tahun memiliki tingkat resiko tertinggi. Virus ini ditemukan pada 77% perempuan yang terjangkit HIV positif dan sisanya kepada wanita siapa saja.

Virus HPV adalah mikroorganisme kecil yang berukuran 55 mm dan memiliki 100 tipe HPV yang dapat menginfeksi kulit sehingga menimbulkan kutil. Virus HPV berkembangbiak dan bertahan menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga memicu kanker serviks

Virus HPV merupakan sebab utama terjadinya kanker serviks dimana virus ini tinggal dalam serviks bertahun-tahun lamanya, mengubah susunan genetik sel serviks, yang mengubahnya menjadi dysplasia (pertumbuhan sel abnormal). Seiring dengan waktu, bila tidak dilakukan tindakan, dysplasia yang semakin parah dapat dan akan berkembang menjadi kanker serviks. Oleh sebab itu kenali tanda dan gejala dari kanker serviks ini untuk pencegahan dini.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close