Pentingnya Peranan Kalsium Pada Anak Anak dan Remaja | Dunia Informasi Kesehatan Pentingnya Peranan Kalsium Pada Anak Anak dan Remaja


Kalsium adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun seringkali anak-anak tidak mendapat asupan kalsium yang cukup. Penelitian dari British research Nutrition mengatakan bahwa orang Indonesia mengkonsumsi kalsium hanya 40% dari total kebutuhan. Padahal, peranan kalsium ini sangat besar bagi pertumbuhannya.

Seperti yang kita ketahui kalsium sangat dibutuhkan sekali oleh anak-anak karena mereka memerlukan kalsium tersebut agar tulang dan gigi mereka cepat tumbuh dan sehat. Untuk itu kita telah merangkum beberapa manfaat dan peranan kalsium terhadap anak-anak remaja yang mulai tumbuh dewasa. Berikut ini pentingnya peranan kalsium pada anak-anak dan remaja.

Anak sedang minum susu yang mengandung kalsium 

Proses pertumbuhan tulang

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang 99% kandungannya adalah kalsium. Jadi agar tulang anak tumbuh dengan sempurna, asupan nutrisi kalsium juga harus cukup. Pada anak yang kekurangan asupan kalsium, biasanya ditandai dengan kondisi badan yang lemah lesu, berkeringat, kram otot, nyeri perut, tidur terganggu, kejang dan tulang keropos. Gejala-gejala ini nantikan akan mengganggu tumbuh kembang anak. Hal ini jelas menunjukkan akan pentingnya kalsium pada tumbuh kembang anak.

Metabolisme tubuh

Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat didalam tubuh manusia. Kira-kira 99% kalsium terdapat di dalam jaringan keras yaitu pada tulang dan gigi. 1% kalsium terdapat pada darah, dan jaringan lunak. Tanpa kalsium yang 1% ini, metabolisme tubuh anak akan terganggu.

Mencegah pengeroposan tulang dimasa mendatang

Tulang dapat dikatakan sebagai cadangan kalsium tubuh. Apabila makanan yang dimakan tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang.Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, maka tulang akan mengalami pengeroposan. Anak-anak yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik, akan mencegah pengeroposan tulang di masa mendatang

Kalsium untuk mengoptimalkan tinggi badan

Kalsium telah dikenal luas memiliki peranan penting dalam pertumbuhan anak dan remaja. Anak anak dan remaja yang kecukupan kalsium terpenuhi akan memiliki tinggi badan yang lebih optimal. Hal ini dikarenakan kalsium merupakan nutrisi utama untuk pertumbuhan tulang.

Supaya anak anak dapat meningkatkan tinggi badan secara optimal maka konsumsi makanan kalsium tinggi wajib dipenuhi. Sumber kalsium tinggi bisa didapatkan dari susu, yogurt, keju, gandum, aneka biji bijian, berbagai jenis ikan (seperti salmon) serta dari aneka jenis sayur sayuran. Makan.
Makanan yang kaya kalsium diatas jika dikonsumsi secara rutin akan berperan sebagai peninggi badan alami bagi anak anak dan remaja

Kecerdaskan anak

Pentingnya peranan kalsium pada anak-anakjuga berpengaruh pada saraf anak. Tanpa adanya kalsiumsaraf tidak dapat membawa pesan. Sistem saraf sangat berpengaruh pada kecerdasan anak. Sistem saraf yang sehat akan membuat anak cepat menerima informasi.

Imun tubuh

Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya lemah, cepat lesu, sering berkeringat, sering mengalami nyeri perut, kram otot, gangguan tidur, hingga sering kejang. Kalsium dalam ha ini berperan penting dalam menjaga imun (kekebalan tubuh) anak. Kalsium dapat membuat anak tidak mudah sakit. Baca juga : 5 Tips Agar Anak Anda Tetap Sehat Selama Liburan

Proses pembekuan darah

Anak-anak seringkali bermain secara aktif, baik diluar ruangan maupun di dalam ruangan. Peluang anak – anak terjatuh dan luka sangat tinggi. Apabila anak terluka dan berdarah, kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah, agar apabila terjatuh perdarahan pada luka akan cepat berhenti. Penting sekali dalam hal ini untuk mencukupi asupan kalsium anak.

Kecukupan kalsium anak harus mendapat kontrol yang baik dari orang tua. Orang tua bisa menyediakan menu makanan anak yang kaya akan kalsium. Tidak hanya itu, agar anak menyukai makanan yang dihidangkan, orang tua harus pandai-pandai membuat kreasi makanan yang menarik dan tidak membosankan. Silahkan  baca tips kesehatan lainnya untuk menambah referensi kesehatan anda.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close