Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan | Dunia Informasi Kesehatan Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan


Kulit manggis kini ada ekstraknya... Pasti anda masih ingat dengan lagu tersebut bukan? Buah yang memiliki warna kulit merah keunguan ini, saat ini tengah populer dikalangan masyarakat. Tak hanya karena rasanya yang segar, namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari buah manggis itu sendiri.

Maka tidak heran jika banyak orang yang menyukainya. Memiliki nama latin garnicia mangostana, ternyata buah ini berasal dari kepulauan nusantara. Biasanya bagian dari buah manggis yang paling sering dimanfaatkan untuk kesehatan adalah bagian kulitnya. Untuk itu akan coba kami berikan beberapa manfaat buah manggis sebagai berbagai macam alternatif pengobatan.

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat buah manggis © shutterstock

Sebagai penangkal radikal bebas

Salah satu manfaat buah manggis adalah dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan Catechnis pada buah manggis ternyata setara dengan manfaat vitamin C dan vitamin E yang diperlukan oleh tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi buah manggis secara rutin, maka anda akan terhindar dari radikal bebas, selain itu anda juga bisa mendapatkan antioksidan alami yang sangat bermanfaat untuk tubuh anda.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat buah manggis Yang selanjutnya adalah untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Dengan kandungan senyawa xamthone atau yang sering disebut dengan senyawa anti kanker membuat buah manggis mampu memperlambat tumbuhnya sel-sel kanker dengan baik. Selain itu buah manggis juga memiliki kandungan xanthone yang juga mampu memperlambat tumbuhnya sel-sel kanker. Bagian yang paling sering diambil manfaatnya bukan buahnya tapi bagian kulitnya. Jika anda tidak bisa mengolah kulit manggis ini sebagai obat herbal, anda tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak tersedia dipasar obat yang terbuat dari kulit manggis yang telah diekstrak menjadi berbagai macam bentuk.
Artikel terkait : Kenali Tips dan Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Mencegah penyakit batu ginjal

Selain menghambat sel kanker ternyata masih ada beberapa manfaat buah manggis yang lainnya yakni dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Jika anda sering mengkonsumsi buah manggis, biasanya anda akan sering mengalami buang air kecil. Nah hal ini lah yang dapat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Baca juga : Cara Mengobati Batu Ginjal yang Berbahaya untuk Kesehatan kita

Menurunkan berat badan

Dengan kandungan xanthone yang dimiliki tak hanya membuat manggis dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes dan penyakit jantung, ternyata xanthone juga bisa melunakkan kembali sel-sel membrane yang telah mengeras dan membesar bersamaan dengan bertambahnya ukuran tubuh kita. Hal inilah yang memicu agar berat badan tetap stabil. Baca juga : Cara Menurunkan Berat Badan

Menghilangkan rasa sakit

Manfaat buah manggis Yang terakhir adalah sebagai obat penghilang rasa sakit. Untuk menghilangkan berbagai rasa nyeri yang anda alami sehari-hari anda bisa mengkonsumsi buah manggis secara rutin. Hal ini juga sudah banyak dibuktikan dengan berbagai penelitian.

Dengan demikian Banyak sekali manfaat buah manggis yang bisa kita ambil. Namun harus anda ketahui bahwa ada beberapa efek samping yang biasanya dialami oleh para pengkonsumsi buah manggis. Misalnya alergi ringan yang ditandai dengan kulit memerah, gatal-gatal, kulit bersisik, bahkan terkadang terjadi pembengkakan.selain itu ada beberapa alergi yang dapat mempengaruhi kinerja sistem tubuh misalnya sakit kepala(baca ini "cara mengobati sakit kepala"), nyeri sendi, nyeri otot, insomnis, serta perut mual.

Selain berbagai manfaat yang diberikan, perlu tetap diingat bahwa kulit manggis yang mengandung kadar tanin, resin serta serat kasar ini bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan jika anda mengkonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan. Untuk itu pastikan sebelum anda mengkonsumsi buah manggis ini, anda tidak memiliki alergi apapun. Agar manfaat yang anda peroleh juga maksimal dan tidak menimbulkan penyakit lain.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close