Pengobatan Herbal Untuk Obat Batuk Anak | Dunia Informasi Kesehatan Pengobatan Herbal Untuk Obat Batuk Anak


Batuk sebenarnya adalah salah satu cara imunitas tubuh untuk mengeluarkan berbagai zat ataupun benda asing yang menganggu pernafasan. Akan tetapi walaupun merupakan suatu aktifitas positif, batuk tetap harus diobati sampai sembuh karena batuk mampu mengganggu berbagai aktifitas keseharian serta mampu menular terhadap orang lain. Batuk yang dialami oleh anak terkadang menjadikan seorang Ibu bingung untuk harus melakukan apa.

Pemberian obat-obat kimia terkadang malah bukan menyembuhkan akan tetapi menyebabkan batuk semakin parah. Selain itu pemberian obat kimia secara terus-menerus akan memberikan dampak kesehatan yang tidak baik pada masa yang akan datang karena tubuh sudah tidak akan mampu lagi merespon obat yang diberikan karena virus dan bakteri yang menyerang sudah kebal terhadap zat yang ada dalam obat tersebut. Ada banyak cara alami untuk mengobati batuk anak salah satunya adalah dengan pengobatan secara alami. Ada beberapa pengobatan herbal yang dapat anda gunakan sebagai obat batuk anak, diantaranya adalah:

 Pengobatan Herbal Untuk Obat Batuk Anak
Ilustrasi Obat Batuk pada Anak © shutterstock

Obat Batuk Anak dari Bahan Alami

1. Madu dan jeruk nipis

Seperti yang sudah diketahui, madu merupakan bahan makanan yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sedangkan jeruk nipis mempunyai banyak kandungan yang berfungsi untuk mengatasi radang dan infeksi. Perpaduan ramuan antara madu dan jeruk nipis merupakan ramuan alami yang ampuh sebagai obat batuk anak. Anda dapat meracik sendiri ramuan ini di rumah dan tidak perlu untuk membeli obat yang banyak mengandung zat kimia.

2. Kencur dan jahe

Bahan obat tradisional ini sudah sangat dipercaya sejak dahulu sebagai obat penghangat serta pereda batuk yang mujarab. Kandungan zat serta antibiotic dalam kencur dan jahe dipercaya mampu sebagai obat batuk anak yang tidak memberikan efek samping yang membahayakan bagi anak. Tanaman yang sangat mudah di dapatkan ini dapat anda racik sendiri di rumah dengan takaran yang sesuai. Campur jahe yang sudah dihaluskan dengan air dan sedikit madu. Rebus hingga matang kemudian saring. Berikan kepada anak sebelum tidur sampai anak sembuh. Cara tersebut merupakan cara bijak ibu untuk memberikan pengobatan terhadap batuk anak.

3. Daun belimbing wuluh

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat sebagai sayur dan bumbu dapur. Bunga dari buah yang mempunyai rasa asam ini juga berkhasiat sebagai obat batuk anak. Bunga blimbing wuluh dipercaya berkhasiat untuk mengobati batuk kering yang diderita oleh anak. Anda dapat membuat ramuan dari daun blimbing wuluh yang dicampur dengan gula batu dan daun adas yang direbus secara bersamaan. Berikan sebagai obat 2-3 kali sehari untuk mengobati batuk anak.

4. Daun sirih

Daun sirih tidak hanya berkhasiat untuk menguatkan gigi dan bermanfaat untuk organ reproduksi wanita (seperti mengobati keputihan) akan tetapi juga bermanfaat untuk meredakan batuk anak. Kandungan dalam daun sirih dipercaya untuk mengobati batuk kering yang susah sembuh. Anda dapat membuat obat batuk anak sendiri di rumah dengan cara mencampurkan daun sirih dengan batang kayu manis, cengkeh, kemukus dan kapulaga. Rebus semua bahan secara bersamaan. Berikan pada anak 2-3 sendok sehari sampai batuk anak sembuh.

Itulah beberapa obat herbal untuk mengobati batuk anak. Dengan cara yang tepat penggunaan obat batuk anak dengan takaran yang sesuai maka akan mengobati batuk secara alami tanpa memberikan efek samping yang membahayakan. Ibu yang cerdas akan memberikan pengobatan yang bijak kepada anak sehingga anak mampu tumbuh dengan baik dan sehat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close