Cara Mengatasi Keputihan Dengan Memanfaatkan Daun Sirih | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mengatasi Keputihan Dengan Memanfaatkan Daun Sirih


Masalah kesehatan reproduksi wanita sangat identik dengan masalah keputihan. bagaimana tidak, hampir setiap wanita mengalami keputihan. Bisa keputihan normal ataupun keputihan tidak normal. Anda tentu perlu tahu apa itu keputihan menurut bidang kesehatan.

Keputihan adalah keluarnya berupa cairan yang bukan darah dari area kewanitaan secara berlebihan. Anda harus bisa membedakan keputihan apa yang anda alami, jika cairan yang keluar bentuknya encer, bening atau tidak berwarna, dalam jumlah sedikit, tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa nyeri, keputihan tersebut masih digolongkan dengan keputihan normal yang disebabkan secara alamiah oleh leher rahim.

 Namun jika yang keluar adalah cairan yang kental, berwarna putih/hijau/kuning, dalam jumlah banyak, dengan bau tidak sedap, gatal dan menimbulkan nyeri, anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menghindari infertilitas. Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, terdapat cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan daun sirih.

Cara Mengatasi Keputihan


Cara Mengatasi Keputihan Dengan Memanfaatkan Daun Sirih
Ilustrasi cara mengatasi keputihan dengan daun sirih  (gambar dari wellsphere.com)
Sejak zaman dulu masyarakat jawa telah mempercayai khasiat dari daun sirih. Daun sirih sering digunakan oleh orang tua, terutama wanita yang sudah lanjut untuk menginang. Tujuan dari menginang adalah untuk membersihkan gigi serta menguatkan gigi. Tumbuhan sirih termasuk tumbuhan jenis merambat yang dapat tumbuh di ketinggian berapapun. Daun sirih ini terdiri dari daun sirih hijau, merah dan hitam. Namun yang lazim digunakan untuk bahan herbal adalah daun sirih hijau dan merah. Daun sirih memiliki khasiat yang banyak, salah satunya adalah mengobati keputihan pada wanita. Bagi anda yang sedang mengalami, perlu disimak cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan daun sirih berikut ini.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Memanfaatkan Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan daun sirih merupakan cara yang praktis dan mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan daun sirih merah ataupun daun sirih hijau. Rebus 7 hingga 10 lembar daun sirih pada 1 liter air. Rebus hingga air rebusan berubah warnanya. Setelah mendidih, angkat daun sirihnya dan tunggu agar dingin terlebih dahulu. Kemudian setelah agak dingin bilas organ kewanitaan anda menggunakan air rebusan sirih tersebut. Lakukan dengan teratur dalam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Memanfaatkan Daun Sirih
Ilustrasi mengatasi keputihan dengan daun sirih © shutterstock
Kandungan daun sirih dipercaya bisa mengatasi masalah keputihan pada wanita. Sudah banyak produk-produk sabun kewanitaan yang menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya. Hal itu disebabkan banyak manfaat yang ditemukan pada kandungan daun sirih. Sirih mengandung minyak atsiri, seskuitterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang bersifat antiseptic yang dapat membunuh kuman jamur serta sebagai antioksidan pada tubuh.

Selain mempraktekkan cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan daun sirih, anda juga harus menjaga kebersihan organ wanita anda. Usahakan organ wanita anda selalu bersih dan kering. Jika anda menggunakan sabun khusus untuk organ wanita, gunakanlah sabun yang mempunyai Ph yang seimbang dan sesuai dengan Ph organ wanita. Selain itu hindari pemakaian celana dalam yang berbahan semi plastic dan terlalu ketat. Anda juga harus mengontrol emosi dan menghindari stress yang berlebih. Jika anda sedang menstruasi, sering-sering lah berganti pembalut, karena pembalut merupakan media bagi jamur atau bakteri untuk berkembang dengan cepat jika dalam keadaan lembab.

Disini juga ada sedikit penjelasan dari Dr. OZ Indonesia mengenai cara mengatasi keputihan, silahkan disimak.
Video : DR OZ INDONESIA - Cara Mengatasi Keputihan  (sumber : https://www.youtube.com/watch?v=rQhoKxiOHXo)

Tentunya sebagai wanita anda tidak menginginkan keputihan yang berlebih apalagi setiap hari. Dengan demikian anda harus menjaga kebersihan organ intim dan rutin melakukan pengobatan dengan cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan daun sirih agar terhindar dari keputihan yang tidak normal. Karena kecantikan seorang wanita tidak hanya kecantikan wajah dan fisik semata, seorang wanita dikatakan cantik jika cantik luar dan dalamnya. Bagi yang sedang hamil bisa juga baca artikel ini "cara mengatasi keputihan bagi ibu hamil"

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.