Ayo Waspadai Penyebab dan Ciri-Ciri Gejala Penyakit Tipes Sedari Dini! | Dunia Informasi Kesehatan Ayo Waspadai Penyebab dan Ciri-Ciri Gejala Penyakit Tipes Sedari Dini!


Penyebab dan ciri-ciri gejala penyakit tipes perlu anda ketahui sejak dini karena penyakit tipus ini tidak bisa anda entengkan begitu saja. Penyakit tipes adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan anda, terutama pada bagian usus.

Penyakit tifus / tipes sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi yang berasal dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut. Biasanya menular melalui kotoran sipenderita tipes itu sendiri yang dibawa oleh lalat yang hinggap dimakanan anda.

Dan parahnya lagi penyakit tipes ini jarang disadari dan langsung terjadi begitu saja. Jika penyakit tersebut sudah dalam tahap yang lumayan parah. Nah, jika anda ingin waspadai atau mencegah penyakit tipes sejak dini, tak ada salahnya anda mengetahui penyebab, ciri, dan gejala dari penyakit tipus / tipes. Informasi selengkapnya bisa anda simak di bawah ini.

Penyebab dan Ciri-Ciri Gejala Penyakit Tipes
Salah satu gejala penyakit tipes © shutterstock
Penyebab dan ciri-ciri gejala penyakit tipes disebabkan oleh bakteri salmonella thypi. Penyakit saluran pencernaan ini bisa menyerang pada siapa saja, tetapi kebanyakan penderitanya adalah anak kecil atau orang tua. Ada yang mengatakan bahwa penyakit ini tidak menular, tetapi ada juga yang mengatakan menular. jadi, tak ada salahnya anda berhati-hati terhadap penyakit ini sehingga ketika anda menjadi penderita anda tidak akan menularkan kepada orang lain. Sebaliknya, ketika anda sehat, anda juga tidak akan tertular penyakit ini jika anda mau mewaspadainya.

Namun, ada pula yang mengatakan bahwa penyebab penyakit tipes adalah pola makan anda yang tidak teratur. Ketika anda memiliki pola yang tidak teratur, maka bisa jadi akan terjadi luka pada usus anda dan itulah yang bisa menyebabkan penyakit tipes menyerang anda. Ada yang perlu anda ketahui, bagi anda yang pernah mengidap atau terserang penyakit ini, maka tak ada salahnya anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang pedas dan berminyak Apabila anda sudah bisa menghindari makanan yang telah disebutkan tadi, berarti informasi tentang penyebab dan ciri-ciri gejala penyakit tipes sudah sedikit anda mengerti.
Baca juga : Resep Pengobatan Penyakit Demam Berdarah

Tentunya, tak hanya penyebab penyakit tipes saja yang perlu anda ketahui tetapi ciri atau gejala dari penyakit tipes ini juga harus anda pahami dengan benar. Jangan sampai anda mengabaikan penyebab dan ciri-ciri gejala penyakit tipes, sehingga penyakit ini menjadi penyakit yang bisa membahayakan nyawa anda. Ciri-ciri penyakit tipes yang perlu anda pahami dan ketahui, antara lain:

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Tipes

  1. Anemia
  2. Penurunan sel darah putih
  3. Demam tinggi
  4. Penurunan nafsu makan
  5. Penurunan berat badan
  6. Mual
  7. Cepat capek
  8. Warna urine kecoklatan
  9. Pusing
  10. Bercak merah pada perut dan dada dll.

Penyebab Penyakit Tipes

Penyebab dan ciri-ciri gejala penyakit tipes tentunya bertahap. Tidak semua gejala langsung bisa terlihat setelah bakteri penyebab tifus tersebut menyerang. Mungkin, gejala awal tipus yang anda rasakan adalah anda sering merasakan pusing dan mual. Pusing dan mual tersebut disebabkan karena anda tidak begitu memperhatikan keteraturan dalam mengatur asupan makanan. Hingga nanti akhirnya terjadi maag. Penyakit maag tersebutlah yang bisa berlanjut ke penyakit tipes jika anda tak segera memberikan penanganannya saat anda mendapati anda sering mual atau pusing. Sedangkan gejala yang menunjukkan bahwa penyakit tipes yang anda derita semakin parah adalah anemia. Anemia bisa terjadi karena usus sering mengalami pendarahan dan itulah yang bisa menyebabkan kematian.
Baca juga : Apa Penyebab Insomnia? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah anda mengetahui informasi tentang penyebab dan ciri-ciri gejala penyakit tipes, kini tak ada salahnya anda mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit ini. Penyakit ini bisa dicegah jika anda memiliki pola makan yang teratur atau memiliki pola hidup yang baik. Anda juga harus memperhatikan kebersihan sehingga nantinya bakteri penyebab tipes tidak akan menular pada anda. Bukankah melakukan pencegahan terhadap penyakit lebih baik daripada anda harus mengobatinya. Jadi, tak ada salahnya anda lakukan pencegahan mulai dari sekarang! Baca juga : Beberapa Penyebab Penyakit Herpes dan Cara Mengobatinya

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close