Tips Menjaga Kadar Ldl Kolesterol Dan Hdl Kolesterol Yang Normal | Dunia Informasi Kesehatan Tips Menjaga Kadar Ldl Kolesterol Dan Hdl Kolesterol Yang Normal


Kolesterol mampu menjadi penyeimbang tubuh yang baik akan tetapi juga mampu menjadi penyakit yang siap merenggut nyawa. Terlalu banyak kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh mampu menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung yang mematikan. Menjaga pola hidup tidak sehat seperti kurangnya olahraga, terlalu banyak mengkonsumsi gorengan serta kurang mengkonsumsi buah dan sayur mampu menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat pesat.

Tingginya kadar kolesterol tidak dapat mudah diketahui seperti meningkatnya kadar lemak di dalam tubuh sehingga apabila anda tidak rutin memeriksakannya kepada dokter penyakit mematikan siap untuk menggerogoti anda. ada beberapa cara untuk menjaga kadar ldl kolesterol dan hdl kolesterol yang normal dalam tubuh anda, diantaranya:

Tips Menjaga Kadar Ldl Kolesterol Dan Hdl Kolesterol Yang Normal
Ilustrasi kolesterol sangat berbahaya bagi kesehatan © shutterstock

1. Mengkonsumsi makanan seimbang sesuai dengan kebutuhan

Mengkonsumsi makanan bukan hanya sekedar untuk menjaga agar perut dalam keadaan kenyang dan mendapatkan energy untuk beraktifitas akan tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh agar keseimbangan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga. Memberikan asupan nutrisi yang tidak seimbang juga mampu mempengaruhi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang normal untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah 60% untuk asupan karbohidrat, 15% untuk asupan protein, 25% untuk asupan lemak dengan asupan lemak jenuh tidak boleh dari 10%. Kadar tersebut merupakan kadar seimbang yang harus tetap dijaga untuk memperoleh kadar ldl kolesterol dan hdl kolesterol yang normal dan seimbang.

2. Menurunkan asupan nutrisi lemak jenuh

Kandungan lemak jenuh dalam tubuh dapat meningkatkan kadar idl kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan yang kan menyumbat pembuluh darah sehingga rentan terhadap pembengkakan pembuluh darah. Lemak jenuh berasal dari daging, minyak kelapa, minyak kelapa, minyak kedelai yang dipanaskan pada tingkat yang tinggi ataupun dipanaskan secara berulang-ulang. Dengan mengkonsumsi bayam, ikan anda dapat menjaga kadar idl kolesterol dan hdl kolesterol yang normal dalam darah.

3. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat

Kandungan serat dalam tubuh sangat bermanfaat untuk mengikat lemak pada makanan dalam proses pencernaan sehingga sangat membantu dalam meningkatkan kadar hdl dan mengurangi kadar idl kolesterol. Kandungan serat dapat anda peroleh dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur setiap harinya. Dengan mengkonsumsi sekitar 25-40 gram/ hari maka anda sudah memberikan asupan serat yang normal pada tubuh dan menjaga kesehatan tubuh anda dengan baik dengan terus menjaga kadar ldl kolesterol dan hdl kolesterol yang normal.

4. Olahraga dan istirahat yang cukup

Banyak melakukan aktifitas fisik yang teratur dan seimbang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Anda tidak perlu pergi ke pusat kebugaran dengan biaya mahal untuk memperoleh tubuh yang sehat. Anda dapat melakukan aktifitas seperti jalan-jalan, bersepeda santai, berenang kurang lebih 3-5 kali setiap minggu selama 30-60 menit per hari maka anda sudah dapat membantu meningkatkan kadar hdl dan mengurangi idl dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Anda dapat tetap menjaga kadar ldl kolesterol dan hdl kolesterol yang normal dengan tetap memberikan aktifitas positif serta istirahat yang cukup.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kadar ldl kolesterol dan hdl kolesterol yang normal untuk menjaga kesehatan tubuh anda. kadar ldl dan hdl kolesterol yang normal dapat anda terus jaga tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Mencegah jauh lebih baik dari mengobati, dengan menjaga kadar kolesterol agar dalam keadaan normal maka secara tidak langsung kita telah mengobati penyakit kita sebelum penyakit itu menggerogoti tubuh.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close