Penyebab, Ciri-Ciri Diare dan Cara Penanganannya | Dunia Informasi Kesehatan Penyebab, Ciri-Ciri Diare dan Cara Penanganannya


Diare bisa terjadi kapanpun dan juga dapat menyerang siapa saja. Oleh karena itu anda harus mengetahui ciri-ciri diare dan juga cara penanganan yang tepat pada penderita diare. Diare selalu terjadi pada system pencernaan makanan. Buang air besar yang terus-menerus dengan ditandai kelebihan air dalam feses. Banyak hal yang bisa menyebabkan diare seperti virus, keracunan makanan dan masih banyak lainnya.

Terkadang makan makanan yang terlalu pedas juga dapat menyebabkan diare. Diare bisa terjadi sampai beberapa hari. Diare yang sudah disertai darah disebut dengan diare disentri dan harus segera ditangani oleh dokter. Maka dari itu anda harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Perhatikan kebersihan dari makanan tersebut juga.

Penyebab, Ciri-Ciri Diare dan Cara Penanganannya
Ciri-ciri diare © shutterstock

Ciri-Ciri Awal Diare

Anda harus mengetahui ciri-ciri atau gejala diare supaya anda bisa langsung menanganinya jika anda atau keluarga anda terserang diare. Inilah beberapa ciri-ciri diare:
  1. Buang air besar yang terlalu sering dan anda tidak dapat mengendalikan untuk buang air besar.
  2. Mulas pada perut. Mulas bisa menjadi tanda anda ingin buang air besar, tetapi setelah buang air besar anda tetap mulas, berarti anda bisa terkena diare.
  3. Muntah yang terus-menerus.
  4. Lemas setelah buang air besar. Jika anda merasa tubuh lemas setelah buang air besar berarti anda sudah terkena gejala penyakit diare
  5. Nafsu makan yang berkurang
  6. Merasa pegal pada bagian punggung
  7. Intensitas buang air besar lebih dari 3 kali sehari.

Penyebab Penyakit Diare

Setelah melihat ciri-ciri diare diatas anda harus mengetahui apa saja hal yang bisa menyebabkan diare.
  1. Gangguan pada usus pencernaan seperti colitis ulserativa
  2. Bakteri, virus dan parasit dari makanan
  3. Alergi terhadap suatu makanan tertentu
  4. Keracunan makanan atau minuman yang basi atau makanan yang mengandung bakteri
  5. Tubuh tidak dapat menyerap nutrisi makanan dengan baik
  6. Immune defiseinsi
  7. Alergi terhadap susu
  8. Konsumsi alkohol yang berlebih

Cara Pengobatan Penyakit Diare

Anda sudah mengetahui penyebab dan juga ciri-ciri diare, sekarang anda harus mengetahui cara penanganan dan pengobatan penyakit diare. Jika sudah terdapat gejala awal dari diare anda bisa langsung meminum obat diare. Untuk obat diare alami anda bisa minum larutan oralit yang bisa anda buat sendiri dirumah yaitu dengan mencampurkan air dengan garam. Selain itu anda juga bisa meminum air kepala murni. Air kepala dapat membantu membunuh bakteri penyebab diare. Anda juga harus makan makanan yang banyak mengandung serat seperti yogurt, agar-agar dan lain sebagainya.

Cara Mencegah penyakit diare

Setelah anda mengetahui ciri-ciri diare yang sangat berbahaya bagi tubuh. Anda harus bisa mencegah diare untuk anda dan seluruh keluarga anda. cara mencegah diare yang paling utama adalah dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu jangan sering membeli makanan di pinggir jalan. Apalagi makanan yang tidak ditutupi dengan pelindung. Makanan di pinggir jalan terkadang dibuat dengan cara yang tidak higienis selain itu debu dan kotoran juga mudah menempel.

Anda sudah mengetahui ciri-ciri diare, cara penanganan, penyebab dan juga cara mencegah diare. Anda harus lebih berhati-hati lagi. Diare yang terus-menerus akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan juga bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Sekian artikel kali ini,semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.