5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami | Dunia Informasi Kesehatan 5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami


Menderita gusi bengkak membuat kita menjadi tidak nyaman untuk menjalani aktivitas. Gusi bengkak biasanya terjadi akibat peradangan pada gusi tersebut yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu gusi bengkak akan membuat anda menjadi susah untuk mengunyah makanan dan berbicara sekalipun.

Ada banyak sekali obat yang beredar dipasaran untuk mengobati gusi bengkak. Tetapi anda harus tahu tidak semua obat itu aman untuk dikonsumsi. Sebaiknya anda menggunakan obat yang alami untuk menyembuhkan gusi yang bengkak. Berikut cara mengatasi gusi bengkak secara alami dan juga aman untuk kesehatan tubuh.

5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami
Ilustrasi gusi bengkak © shutterstock

Garam

Garam merupakan cara mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi yang paling ampuh. Garam mempunyai zat yang dapat membunuh bakteri yang terdapat pada gusi yang bengkak. Caranya membuat obat buat gusi bengkak ini sangatlah mudah. Ambil satu sendok garam kemudian campurkan pada satu gelas air hangat. Aduk sampai rata, kemudian jadikan larutan tersebut untuk berkumur. Lakukan 2 sampai 3 kali kumuran sampai air larutan garam habis. Maka rasa sakit akibat gusi yang bengkak akan mereda.

Larutan Air Lemon

Air lemon dapat dijadikan cara mengatasi gusi bengkak. Air lemon mengandung zat yang bisa menghilangkan rasa sakit akibat gusi bengkak. Caranya campur perasan air jeruk lemon dalam satu gelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari, maka gusi bengkak anda akan sembuh dan bengkak pun akan mengecil. Selain air perasan lemon, anda juga dapat menggunakan perasan air jeruk nipis.

Minyak Cengkeh

Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli untuk mengobati gusi bengkak. Caranya sangatlah muda, anda bisa meneteskan minyak cengkeh di kapas kemudian tempelkan pada bagian gusi yang bengkak. Selain itu anda juga dapat mencampurkan minyak cengkeh pada 1 gelas air hangat, kemudian anda gunakan untuk berkumur.

Kantong Teh Celup

Selain digunakan untuk mengobati mata yang bengkak, kantong teh celup juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak. Kantong teh celup mengandung asam tannic yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri akibat gusi bengkak. Cara menggunakannya sangat mudah. Ambil 1 buah kantong teh celup, rendam dalam air hangat. Setelah beberapa menit ambil dan diamkan beberapa saat sampai kantong teh celup tersebut dingin. Tempelkan kantong teh pada bagian gusi yang bengkak. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin setiap hari. Celupan air hangat dengan teh bisa anda konsumsi untuk minuman teh hangat.

Baking Soda

Baking soda bersifat asam yang dapat menetralisir asam pada bagian gusi yang bengkak. Ini merupakan cara mengatasi gusi bengkak yang cukup ampuh. Memang tidak langsung bisa menyembuhkan tetapi bisa meringankan gusi yang bengkak. Selain itu baking soda juga dapat menjaga kerusakan gigi anda. Caranya campurkan baking soda campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian jadikan sebagai obat kumur. Lakukan secara rutin setiap hari. Selain itu anda juga bisa mencampurkan baking soda pada air hangat. Kemudian celup sikat gigi anda pada larutan baking soda. Beri pasta gigi pada sikat kemudian anda sikat gigi dengan bersih.

Itulah 5 cara mengatasi gusi bengkak secara alami. Selain itu anda juga bisa menggunakan bawang merah atau dengan memijat bagian pipi dekat dengan leher anda secara benar. Lakukan pijatan secara memutar dengan menggunakan jari telunjuk anda. lakukan kegiatan tersebut secara rutin untuk menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat. Semoga gusi bengkak anda bisa cepat sembuh setelah melakukan cara alami mengatasi gusi bengkak diatas.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close