Menu Makanan Sehat Yang Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan tubuh Kita | Dunia Informasi Kesehatan Menu Makanan Sehat Yang Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan tubuh Kita


Mempunyai kualitas hidup yang baik dan sehat merupakan impian bagi setiap orang. Namun hal itu sangat sulit sekali terjadi di zaman sekarang, Mengapa demikian ? Seperti yang kita ketahui sekarang orang-orang cenderung mengkonsumsi makanan siap saji yang akan mengakibatkan berbagai penyakit, merokok, kurang istirahat dan masih banyak juga yang lainnya.

Untuk itu kita sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat, agar tubuh tidak terkontaminasi dengan makanan yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Dalam memilih makanan sehat kita bisa mengatur daftar menu makanan sehat yang akan kita konsumsi setiap harinya, mulai dari makan pagi, makan siang dan juga makan malam.

Menu Makanan Sehat Yang Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan tubuh Kita
Menu makanan sehat  © Shutterstock
Sebelum kita masuk ke dalam menu makanan sehat, kita harus mengerti apa itu makanan sehat terlebih dahulu. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung asupan gizi dan nutrisi yang seimbang dan dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Makanan sehat ini berasal dari alam dan kebanyakan akan memberikan manfaat dengan mampu menangkal penyakit yang kita derita. Kandungan gizi dan nutrisi dalam makanan sehat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya adalah karbohidrat, protein, mineral, vitamin, lemak dan lain-lain.

Dengan mengkombinasikan berbagai makanan yang memiliki kandungan zat gizi dan nutrisi yang telah disebutkan tersebut maka kita akan dapat membuat daftar makanan sehat yang akan kita konsumsi setiap kita makan.

Untuk bisa mengatur keseimbangan gizi yang didapat dari makanan, perlu diperhatikan  prinsip-prinsip dasar berikut ini : (versi wikipedia)
Menu Makanan Sehat Yang Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan tubuh Kita
Menu makanan sehat  © shutterstock
Contoh makanan yang mengandung zat gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya agar tubuh juga ikut sehat ada banyak sekali. Kita bisa menemukan kandungan karbohidrat pada beras merah, singkong, roti, ubi atau makanan lain yang mengandung pati. Untuk protein, kita bisa memperolehnya melalui telur, tahu, tempe dan juga jenis makanan lain yang terbuat dari kacang-kacangan. Kandungan lemak bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi daging, keju dan susu. Untuk mineral juga bisa kita dapatkan melalui keju, daging dan susu ditambah lagi dapat kita peroleh melalui sayuran. Vitamin bisa kita dapatkan melalui buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Dengan mengkombinasikan jenis makanan tersebut, maka kita akan bisa membuat menu makanan sehat setiap harinya.

Contoh menu makanan sehat untuk sarapan adalah dengan mengkonsumsi nasi merah, ikan, bayam, ubi, telur dan juga susu. Sarapan sangat penting untuk memulai hari yang akan kita lalui dengan berbagai aktivitas. Hindari mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat yang terlalu banyak pada saat sarapan. Untuk makan siang, kita bisa menggunakan menu nasi merah atau nasi putih, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau atau merah, daging atau telur dan juga ditambah dengan jus buah. Makan siang juga tidak kalah penting, karena akan membantu tubuh mengganti energi yang telah dikeluarkan semenjak sarapan. Makan malam merupakan makan penutup aktivitas seharian, kita bisa menggunakan menu sereal gandum, susu, ikan tuna dan gandum untuk menutup hari.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.