Inilah 4 Penyebab Kutu Rambut | Dunia Informasi Kesehatan Inilah 4 Penyebab Kutu Rambut


Ada banyak sekali jenis kutu rambut yang dibedakan berdasarkan jenis dan jumlah alat penghisapnya. Kutu yang hidup dirambut manusia dan kutu yang hidup ditubuh hewan ada sedikit perbedaan jenis. Kutu merupakan parasit penghisap darah yang sering hidup di rambut kepala. Kutu memiliki ukuran yang kecil dan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Kutu sangat cepat sekali berkembang biak.

Kutu betina bisa bertelur setiap 6 hari sekali dan telur tersebut akan menetas setelah 8 jam. Oleh karena itu ketika menghilangkan kutu rambut harus tuntas sampai telurnya. Mari kita langsung bahas 4 penyebab kutu rambut pada manusia, agar kita bisa lebih menjaga rambut kita.

Penyebab Kutu Rambut

Inilah 4 Penyebab Kutu Rambut
Ilustrasi rambut berkutu © zincsoap.com

1. Kebersihan Rambut

Kutu rambut lebih banyak menyerang pada anak-anak karena anak-anak belum bisa menjaga kebersihan rambutnya. Rambut yang kotor akan menjadi sarang bagi kutu untuk hidup. Oleh karena itu kita harus merawat kebersihan rambut kita dengan baik. Setiap hari rambut akan terkena banyak kotoran, debu, polusi dan masih banyak lainnya. Ketika mencuci rambut juga harus dibilas dengan bersih, jangan sampai masih ada sisa shampoo di rambut karena akan menjadi penyebab kutu rambut. Zat kimia yang terdapat pada shampo akan membuat kutu mati atau tidak betah untuk tinggal di rambut kita.

2. Kebersihan Tempat Tidur

Penyebab kutu rambut yang kedua adalah kebersihan tempat tidur anda seperti bantal, sprei, guling dan lain sebagainya. Kutu suka hidup ditempat yang lembab dan kotor. Oleh karena itu bersihkan kamar anda setiap hari. Jemur dibawah terik matahari beberapa minggu sekali. Supaya kuman dan kutu yang terdapat di bantal, tempat tidur dan guling kamar anda hilang. Panas matahari bisa membunuh kuman termasuk kutu rambut.

3. Pemilihan Shampo

Pemilihan shampo yang salah akan menjadi penyebab kutu rambut. Jika anda menggunakan shampo yang salah akan membuat ketombe di kulit kepala semakin banyak dan akan menjadi sarang kutu rambut untuk tumbuh di kepala anda. Selain itu juga akan membuat rambut anda rusak dan rontok. Oleh karena itu perhatikan bahan dan jenis shampo yang digunakan. Sesuaikan dengan jenis kepala anda. Jangan suka termakan iklan dan selalu gonta ganti shampo. Jika anda sudah terkena kutu rambut, anda bisa menggunakan shampo penghilang kutu rambut.

4. Teman Bergaul

Kutu rambut memang dapat menular. Dia mampu berpindah dari satu rambut ke rambut lainnya. Oleh karena itu terkadang anak anda terkena kutu rambut dari teman sebangku atau teman bermain dia. Jadi perhatikan selalu kebersihan rambut anda dan juga anak anda. Jika salah satu teman anda mempunyai kutu rambut, jangan terlalu berdekatan dengan kepalanya karena akan menjadi penyebab kutu rambut. Anda bisa menggunakan penutup kepala agar kutu tidak bisa berpindah ke rambut anda.

Itulah 4 penyebab kutu rambut pada kepala manusia. Yang paling penting adalah untuk selalu menjaga kebersihan rambut kita. Cuci dengan rutin sisir yang siring kita gunakan. Kalau perlu cuci dengan air panas supaya kuman bisa mati. Jangan menggunakan alat-alat kebersihan seperti sisir, penutup kepala dan lain sebagainya secara bersamaan karena bisa menjadi pemicu tumbuhnya kutu rambut di kepala kita. Demikian artikel tentang penyebab kutu rambut. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan untuk anda semua.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.