Obat Asam Urat yang aman dan direkomendasikan untuk kesehatan anda | Dunia Informasi Kesehatan Obat Asam Urat yang aman dan direkomendasikan untuk kesehatan anda


Asam urat adalah sebuah penyakit yang menyerang persendian, seperti lutut, sendi jari, sendi kaki sikut dan juga bagian persendian yang lainnya. Asam urat akan menyebabkan penderita merasakan sakit yang hebat pada bagian persendian tersebut dan bisa membuat bagian persendian tersebut bengkak. Namun meskipun begitu, tidak semua rasa sakit yang timbul di daerah persendian tersebut adalah asam urat.

Asam urat kebanyakan menyerang mereka yang sudah berusia lanjut. Pada pria kebanyakan menyerang mereka yang sudah berumur sekitar 40 tahun ke atas, dan pada wanita kebanyakan menyerang pada saat memasuki masa menopause. Kebanyakan penderita asam urat juga diikuti dengan penyakit lainnya seperti penyakit ginjal, diabetes dan juga hipertensi. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas tentang obat asam urat.

Obat Asam Urat yang aman dan direkomendasikan untuk kesehatan anda
Ilustrasi asam urat (sumber fotolia.com)
Sebelum kita masuk tentang obat asam urat, kita juga sebaiknya mengerti gejala-gejala yang timbul ketika penyakit ini menyerang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gejala pertama yang dirasakan adalah sendi terasa ngilu, nyeri, linu, kesemutan dan bisa juga sampai membengkak dan memiliki warna merah. Ketika sudah membengkak dan berwarna merah, sendi telah meradang.

Sakit pada sendi kebanyakan dirasakan ketika pagi hari pada saat baru bangun tidur dan juga pada saat malam hari. Bagian-bagian persendian yang paling terserang penyakit asam urat adalah pergelangan tangan, pergelangan kaki, siku, lutut, jari tangan, jari kaki dan juga tumit. Jika penyakit ini sudah sangat parah, penderita akan merasa sakit setiap kali ia akan menggerakkan sendinya tersebut.

Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal kristal yang ada di dalam persendian. Kristal-kristal ini terbentuk dari manifestasi metabolisme zat purin yang kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup. Contohnya adalah daging yang berasal dari hewan, kemudian buah, sayur dan kacang yang berasal dari tumbuhan.

Zat purin yang terkandung dalam makanan tersebut akan berpindah ke dalam tubuh kita setiap kali kita mengkonsumsi makanan dari makhluk hidup dan tumbuhan. Setiap orang mempunyai kadar asam urat, namun berbeda pada setiap orang. Kadar asam urat yang berlebihanlah yang akan menyebabkan sakit dan bengkak pada persendian. Ini dikarenakan zat purin yang ada di dalam tubuh terlalu banyak sehingga ginjal tidak mampu mengeluarkan zat tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir lagi karena kini sudah ada banyak obat asam urat tradisional yang pastinya alami dan aman.

sambiloto, Obat Asam Urat yang aman dan direkomendasikan untuk kesehatan anda
Obat asam urat : sambiloto (sumber : wikipedia.org)
Salah satu jenis obat asam urat adalah sambiloto. Obat ini merupakan tanaman dari India. Di sebagian daerah, sambiloto juga dikenal dengan sebutan papaitan, ki peurat, kayu mas, bidara, ki pait, lang, sampiroto atau ki oray. Sambiloto memiliki banyak kandungan seperti flavanoid, keton, alkane, aldehid. Bagian tanaman yang digunakan untuk dijadikan obat adalah seluruh bagian tumbuhan ini dan cara meramunya adalah dengan mencuci bersih kemudian merebus sambiloto yang kering seberat 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5-10 gram dan juga lada 1 gram. Semuanya di rebus dengan air sebanyak lima gelas hingga tersisa 3 gelas. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari, pada saat 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close