Cara Mengobati Sakit Pinggang Ketika Ibu sedang dalam masa Hamil | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mengobati Sakit Pinggang Ketika Ibu sedang dalam masa Hamil


Pada saat hamil, salah satu sakit yang sering diderita adalah sakit pinggang. Sakit pinggang pada ibu hamil terjadi karena membesarnya rahim ibu dan peregangan otot-otot tubuh ibu hamil. Hal ini bisa saja diperparah dengan berat badan ibu hamil yang berlebihan. Otot-otot yang akan akan bekerja ekstra untuk menopang tubuh ibu antara lain adalah otot pinggang, pangkal paha dan sepanjang tulang punggung.

Hal ini biasa dirasakan ibu pada malam hari ketika akan beranjak tidur atau beristirahat. Tentu tidak akan mengenakkan bagi ibu yang mengalaminya karena akan mengganggu aktivitas. Namun ibu tak perlu khawatir, artikel kali ini akan membahas tentang cara mengobati sakit pinggang ketika hamil.

Cara Mengobati Sakit Pinggang Ketika Ibu sedang dalam masa Hamil
Ilustrasi sakit pinggang pada ibu hamil
Cara mengobati sakit pinggang pada ibu hamil bisa dilakukan dengan mandi air hangat, akan lebih baik lagi jika dilakukan dengan berendam. Karena air hangat akan membantu meredakan gejala nyeri yang terjadi pada otot. Lakukan hal ini dengan memijat bagian otot yang terasa sakit. Akan lebih baik apabila air yang digunakan untuk berendam dicampuri dengan garam.

Perlu diingat untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas, karena bisa membahayakan kondisi janin dalam kandungan ibu. Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan melakukan gerakan senam relaksasi. Lakukan gerakan ini dengan menarik nafas dan kemudian dihembuskan pelan-pelan. Lakukan hal ini setiap kali gejala nyeri pada otot mulai muncul.

Cara mengobati sakit pinggang pada ibu hamil bisa juga dilakukan dengan melakukan hal-hal berikut ini. Yang pertama adalah dengan melakukan senam relaksasi. Ibu bisa melakukan senam ini dengan menarik nafas dan menghembuskannya secara perlahan. Gerakan senam relaksasi akan membantu mengurangi ketegangan pada otot yang telah bekerja ekstra.

Cara selanjutnya adalah dengan memijat bagian yang sakit sekaligus disertai berendam dengan air hangat. Air hangat juga akan sangat membantu proses pengistirahatan otot yang telah lelah bekerja. Pada saat berendam, pijatlah bagian yang terasa nyeri. Tidak disarankan untuk berendam terlalu lama karena bisa saja mempengaruhi janin.

Cara mengobati sakit pinggang yang dialami ibu hamil bisa juga dilakukan dengan menghindari tidur dengan posisi telentang atau menggunakan pinggang ibu sebagai tumpuan ketika tidur. Ibu bisa tidur dengan posisi menyamping dengan salah satu atau kedua lutut ditekuk.

Ibu bisa menempatkan satu bantal diantara lutut ibu agar membantu posisi tidur ibu menjadi nyaman, atau ibu juga bisa menggunakan bantal yang sukuran tubuh untuk membut tidur ibu menjadi lebih nyaman.

Dari semua cara tersebut, yang paling penting bagi ibu hamil adalah dengan melatih sikap tubuh yang baik, karena tentu ketika usia kandungan semakin besar, maka beban yang akan ibu bawa menjadi semakin berat. Untuk itu latihlah sikap tubuh dengan berdiri tegak, tarik dagu tinggi-tinggi, menyandarkan punggung ibu agar ibu bisa rileks, dan tidak mengatupkan lutut ibu.

Baca juga tips untuk ibu hamil lainnya :
Macam-Macam Nutrisi Bagi Ibu Hamil
Tips Memilih Susu Untuk Ibu Hamil

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close