Cara Mengobati Batu Ginjal yang Berbahaya untuk Kesehatan kita | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mengobati Batu Ginjal yang Berbahaya untuk Kesehatan kita


Batu ginjal adalah penyakit yang sudah umum bagi masayarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan sudah banyak masyarakat yang pernah terkena penyakit ini. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara pembedahan operasi atau cangkok ginjal. Operasi ini selain membutuhkan biaya yang banyak, banyak para penderita yang tidak merasa lebih baik setelah operasi. Batuk ginjal sebenarnya bisa disembuhkan dengan beberapa cara yang alami dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Artikel ini akan membahas tentang cara mengobati batu ginjal tanpa operasi.

Sebelum mengetahui cara mengobati batuginjal tanpa operasi, ada baiknya kita mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya penyakit batu ginjal itu sendiri. Penyakit batu ginjal kebanyakan disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, ini dikarenakan kebanyakan masyarakat modern memiliki rutinitas pekerjaan yang sibuk. Selain itu, faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab penyakit ini. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal, resiko penurunan penyakit ginjal pada anak akan menjadi 6 kali lebih besar. Batu ginjal juga bisa disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi air putih, sering menahan ketika ingin buang air kecil, terlalu banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang memiliki kandungan bahan kimia dan bahan pengawet, serta lingkungan suhu udara di tempat anda beraktivitas juga bisa menjadi penyebab penyakit batu ginjal.
Cara Mengobati Batu Ginjal yang Berbahaya untuk Kesehatan kita
Ilustrasi batu ginjal (sumber : wikipedia.org)

Gejala Batu Ginjal

Gejala yang dirasakan penderita batu ginjal antara lain adalah urin yang dikeluarkan ketika buang air kecil menjadi pekat. Hal ini dikarenakan terlalu seringnya menahan ketika ingin buang air kecil. Air kencing yang dikeluarkan juga akan sedikit karena kurang minum air putih. Kadar garam dalam urin akan menjadi pekat, inilah yang akan menjadi endapan batu dalam saluran kemih. Selain itu, zat kimia seperti kapur dan faram oksalat akan banyak terkandung dalam urine. 

Penderita juga bisa merasa nyeri pada pinggang dan kadang-kadang bisa menjalar sampai ke paha. Jika disertai infeksi pada saluran kemih, penderita batu ginjal juga bisa mengalami gejala demam. Pada beberapa kasus, penderita juga bisa mengalami muntah dan mual, menggigil, perut menggelembung dan sering buang air kecil. Semua gejala yang dirasakan tentu akan membuat penderita tidak nyaman, karena itulah penting untuk mengetahui cara mengobati batu ginjal.

Cara Mengobati Batu Ginjal yang Berbahaya untuk Kesehatan kita

Cara Mengobati Batu Ginjal

Cara mengobati batu ginjal yang pertama adalah dengan terapi mengkonsumsi air putih yang banyak. Ini dikarenakan batu ginjal pada dasarnya terjadi karena penderita kurang mengkonsumsi air putih secara rutin. Karena itu organ ginjal mengalami peradangan dan juga kekurangan cairan yang kemudian membentuk batu ginjal di dalam ginjal maupun di saluran kandung kemih. Cara selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi semangka dan melon.

Kedua buah ini mengandung zat yang baik bagi kesehatan ginjal. Mengkonsumsi kedua buah ini secara rutin akan mengurangi resiko terjadinya batu ginjal. Cara berikutnya adalah dengan minyak zaitun dan lemon juice. Cara yang digunakan adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan jus lemon. Gunakan perbandingan minyak zaitun dan jus lemon dalam kadar yang sama. Minumlah ramuan ini secara teratur.

Cara yang disampaikan ini tidaklah pasti langsung menyembuhkan batu ginjal anda, dikarenakan kadang bila seseorang yang penyakit batu ginjal sudah parah, maka terpaksa harus di operasi, maka dari sini kita anjurkan lebih di cegah sebelum terkena batu ginjal tersebut. Dengan menggunakan tips-tips diatas, mudah-mudahan anda akan terhindar dari penyakit batu ginjal ini.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close