Beberapa Penyebab Penyakit Herpes dan Cara Mengobatinya | Dunia Informasi Kesehatan Beberapa Penyebab Penyakit Herpes dan Cara Mengobatinya


Penyakit herpes adalah penyakit kulit yang sering diderita wanita. Herpes biasanya disebabkan oleh virus dan didapati penderita secara eksogen maupun endogen. Penyakit ini bisa menyerang kulit badan dan juga k*lamin. Penyakit ini tentu akan membuat penderita merasa tak nyaman dan juga terganggu karena gejala-gejala yang dideritanya. Oleh karena itu artikel kali ini akan membahas penyebab penyakit herpes dan cara mengobatinya. Tentu saja obat herpes dalam ditemukan dipasaran.

Penyebab penyakit herpes ini dan cara mengobatinya tidaklah mudah untuk dijelaskan. Karena pada dasarnya, herpes bisa dibagi menjadi 2. Pertama adalah "herpes zoster", dimana herpes dengan jenis ini bisa saja menyerang berbagai kalangan usia tidak peduli anak-anak maupun manula. Serangan virus ini memiliki sifat segmented dimana artinya apabila ada bagian terinfeksi virus ini adalah wajah, maka infeksi hanya menyerang bagian tersebut saja. 


Beberapa Penyebab Penyakit Herpes zoster dan Cara Mengobatinya
Ilustrasi penyakit herpes sumber : tabletsmanual.com
Bagian paling rentan terkena virus ini adalah kulit wajah dan kulit dada. Herpes zoster memiliki masa inkubasi sekitar satu minggu hingga satu minggu setengah. Gejala akan dirasakan penderita adalah meriang, pusing serta nafsu makan menurun. Nyeri disertai perih akan dirasakan dari bagian yang terinfeksi, kemudian setelah beberapa hari akan keluar bintik bintik kecil berisi air di bagian tersebut. Pada kasus herpes parah, bintik bintik tersebut juga bisa disertai dengan nanah.


Penyebab Penyakit Herpes Kulit

Jenis penyakit herpes yang akan kita bahas pada artikel Penyebab Penyakit Herpes ini selanjutnya adalah "herpes simplex". Herpes jenis ini terbagi menjadi dua. Penyakit herpes pertama adalah herpes simplex tipe satu yang disebabkan oleh virus HSV-1. Tipe pertama ini kebanyakan menyerang daerah batas kulit dengan selaput lendir, contohnya adalah daerah sekitar mulut. Tipe ini juga bisa menyerang anak anak. Tipe yang kedua disebabkan oleh virus HSV-2 dimana tipe ini kebanyakan menyerang daerah k*lamin. Untuk mengetahui tipe herpes penderita, sebaiknya dilakukan uji laboratorium untuk mendeteksi jenis virusnya.

Penyakit Herpes Kulit Bisa Menular

Jenis penyakit kulit ini bisa menular dengan berbagai cara. Cara paling umum adalah dengan kontak s*ks secara langsung, sedangkan pada herpes zoster, penularan bisa terjadi melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan juga sentuhan pada gelembung air herpes yang pecah tersebut. Penanganan penderita herpes ini adalah dengan menjaga agar gelembung air tidak sampai pecah, sehingga tidak meninggalkan bekas dan juga tidak membiarkan kuman lain masuk. Kita bisa memberikan obat talek/obat herpes, akan membuat kulit licin. Selain itu, penderita penyakit ini diharapkan juga tidak mandi apabila tidak tahan dengan hawa dingin, karena hal ini akan menyebabkan shock.

Obat Herpes Kulit

Obat herpes biasanya diberikan untuk penderita herpes adalah obat-obatan yang mengurangi gejala penyakit ini seperti demam dan nyeri, kita bisa memberikan paracetamol. Kita juga bisa memberikan obat acyclovir tablet, dimana obat herpes ini akan membantu tubuh melawan gejala penyakit herpes dan melawan virus herpes yang ada di dalam tubuh kita. Dengan memahami penyebab penyakit herpes dan cara mengobatinya, para penderita tidak perlu khawatir lagi untuk menyembuhkan penyakit ini.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close