Apa Saja Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Baik Kesehatan | Dunia Informasi Kesehatan Apa Saja Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Baik Kesehatan


Pengertian makanan sehat sendiri adalah makanan yang mengandung gizi yang seimbang dan mengandung zat yang diperlukan oleh tubuh kita untuk tumbuh dan berkembang. Makanan sehat ini seharusnya memiliki kandungan gizi yang banyak, dan kandungan tersebut antara lain adalah karbohidrat, mineral, protein, vitamin dan lemak tak jenuh dalam jumlah yang sedikit saja. 

Kandungan yang terkandung dalam makanan sehat tersebut biasa juga disebut dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa makanan yang termasuk dalam pengertian makanan sehat mengandung 5 zat makanan yang diperlukan tubuh, antara lain karbohidrat, mineral, protein, vitamin dan lemak jenuh dalam jumlah yang tidak banyak.

Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna (sumber : anokhimedia.com)
Jika kita berbicara dengan istilah makanan 4 sehat 5 sempurna, maka kita akan mengenal beberapa komposisi makanan. Yang pertama adalah makanan pokok. Makanan pokok adalah makanan sumber dari energi. Makanan yang merupakan jenis makanan pokok antara lain adalah nasi, sereal, gandum, jagung, oat, kentang umbi-umbian dan lain-lain. Selanjutnya adalah lauk pauk. Lauk pauk merupakan makanan utama sebagai pendamping makanan pokok, lauk pauk ini lebih terpusat pada makanan yang mengandung zat pembangun yang berfungsi untuk membangun dan membentuk tubuh. Jenis makanan ini kebanyakan adalah makanan yang banyak mengandung protein seperti daging, ikan, telur serta tempe dan tahu.

Makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah jenis sayur-sayuran. Sayuran adalah jenis makanan yang banyak mengandung vitamin, serat dan juga protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jenis makanan ini antara lain adalah berupa bayam, kangkung, tomat, terong dan lain-lain.

Selanjutnya adalah buah-buahan. buah buahan merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin yang berfungsi kesehatan tubuh, didalam buah buahan terdapat serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan pada tubuh kita. Kemudian yang terakhir adalah susu. Susu adalah minuman tambahan yang memiliki gizi yang benar benar baik sehingga sangat direkomendasikan untuk tubuh.

Seiring dengan berjalannya waktu, pedoman makanan 4 sehat 5 sempurna kini telah dirubah dengan pedoman gizi seimbang. Pedoman gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung jumlah gizi dan nutrisi yang sesuai dengan tubuh termasuk memperhatikan beberapa segi kebersihan serta ukuran berat badan yang ideal. Selain memperhatikan tentang nilai nutrisi makanan, kita juga perlu memperhatikan kondisi seseorang terhadap makanan, seperti alergi. 

Hal ini dapat disiasatu dengan mengambil sumber nutrisi dari bahan lain yang tidak menimbulkan alergi. Seseorang yang tertarik dengan makanan sehat dan memasak sehat harus mampu mengembangkan diri dalam membuat resep dan ukuran gizi makanan. Sehingga dengan demikian, ibu rumah tangga harus sangat berhati-hati dalam menentukan bahan dasar dari makanan. Contoh mensiasati makanan adalah dengan menyingkirkan gandum gluten dan roti cokelat dalam daftar bahan dasar dan lebih memperbanyak buah-buahan dan sayuran bersama dengan biji-bijian tanpa gluten.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.