Hindari Makanan dan Minuman ini Selama Bulan Puasa | Dunia Informasi Kesehatan Hindari Makanan dan Minuman ini Selama Bulan Puasa


Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat baik bagi manusia, mulai dari mendapat pahala yang berlipat ganda sampai pada manfaat dan fungsinya berpuasa bagi kesehatan kita. Tapi dibulan puasa ini juga anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan, karena dapat menyebabkan puasa anda akan terganggu dan malah batal nantinya. Ada beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari, contohnya seperti makanan pedas dan gorengan. Untuk lengkapnya disini admin akan berbagi sedikit informasi makanan yang kalau bisa harus anda hindari. Apa sajakah makanan itu? Mari kita cek sama-sama :

1. Makanan yang mengandung Coklat dan Keju yang Berlebihan

Makanan yang terbuat dari coklat dan keju sungguh sangat menggugah selera, tapi yang harus anda ketahui adalah makanan ini sangatlah sulit dicerna oleh lambung anda, apalagi bila dimakan pas berbuka puasa. Malah akan membuat lambung anda menjadi tidak enak atau kembung, karena sulitnya mencerna makanan tersebut. Usahakan ketika berbuka makanlah buah-buahan terlebih dahulu, kurma juga sangat baik dimakan ketika berbuka puasa.

2. Kopi

Menurut wikipedia, kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kopi mengandung kafein yang tinggi. Kafein pada kopi sangat tidak baik untuk lambung kita. Jika anda mengkonsumsinya saat sahur, ditakutkan akan berefek samping disaat anda berpuasa nanti. Apalagi saat berpuasa lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam. Secara otomatis asam lambung akan meningkat. Kopi sendiri merangsang pengeluaran asam lambung. Produksi asam lambung berlebih akan membuat kita merasa mual.
Hindari Makanan dan Minuman ini Selama Bulan Puasa
Ilustrasi makanan tidak sehat lebih baik dihindari

3. Makanan Pedas Dan Mengandung Banyak Merica

Makanan pedas selalu menggoda selera makan. Rasa pedas bisa meningkatkan nafsu makan kita. Apalagi setelah seharian berpuasa. Hati-hati mengkonsumsi makanan pedas yang berlebih karena makanan pedas dapat merusak dinding lambung. Karena dinding lambung juga sensitif terhadap pedas. Usahakan jika anda memang ingin mengkonsumsi makanan pedas, makanlah disaat makan besar, sesudah berbuka dengan buah-buahan. Jangan langsung berlebih, ditakutkan lambung anda tidak kuat menahan pedas yang ada karena seharian lambung anda kosong, dan asam lambung meningkat.

4. Gorengan dan Permen Karet

Asam lambung adalah musuh terbesar ketika berpuasa, kebanyakan dari kita batal puasa disebabkan oleh asam lambung ini. Permen dan gorengan bisa memicu keluarnya asam lambung. Maka hindari memakan permen dan gorengan saat berbuka puasa, Karena saat berpuasa perut sangat sensitif dan asam lambung mudah meningkat.

5. Hindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan produksi asam lambung Berlebih

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, hindari makanan yang menyebabkan produksi asam lambung berlebih, contohnya seperti gorengan, permen karet, alkohol, kopi atau susu full cream. Sebaiknya hindari makanan tersebut ketika sahur atau berbuka. Produksi asam lambung yang terlalu tinggi bisa menyebabkan rasa mual dan penyakit maag.

6. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula terlalu tinggi

Makanan dengan kadar gula terlalu tinggi juga tidak baik untuk kesehatan anda, contohnya seperti  es teler, es buah, syrup, dan makanan manis lainnya. Sebenarnya boleh mengkonsumsi makanan tersebut akan tetapi jangan sampai dalam porsi berlebihan. Untuk penderita diabetes sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan tersebut.

7. Hindari makanan yang mengandung kadar lemak terlalu tinggi

Makanan dengan kadar lemak tinggi memang tidaklah baik untuk kesehatan, tidak hanya dibulan puasa, dihari biasa juga sebaiknya dihindari. Makanan berlemak sulit untuk dicerna dalam tubuh sehingga kemungkinan menyebabkan gangguan pada lambung dan membuat anda merasa kembung. Terlebih lagi akan menjadi kolesterol dalam tubuh anda, sehingga anda rentan terkena stroke. Lebih baik mencegah, dari pada mengobati. Karena stroke merupakan salah satu penyakit mematikan selain kanker.

8. Hindari makanan cepat saji 

Biasa makanan cepat saji mengandung banyak sekali minyak dan gula. Lebih berbuka dengan makanan yang alami saja, atau dimasak sendiri. Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, karena kandungan serat, gula, dan vitamin yang baik untuk tubuh anda.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari, semoga dengan mengetahuinya puasa anda lebih baik dan lebih nyaman. Saya ucapkan selamat berpuasa bagi yang menjalankan semoga puasanya poll ya.. Salam sehat. Jangan lupa baca juga manfaat berbuka dengan buah kurma

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.