Macam-Macam Nutrisi Bagi Ibu Hamil | Dunia Informasi Kesehatan Macam-Macam Nutrisi Bagi Ibu Hamil


Nutrisi bagi ibu hamil memang harus dipenuhi agar kandungan dapat berkembang dengan baik. Dalam memenuhi nutrisi ibu hamil pun tak boleh sembarangan. Anda harus cermat dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Syarat mutlak dalam pemilihan makanan adalah dengan memperhatikan kandungan nutrisinya dan memastikan nutrisi tersebut mencukupi. Hal ini dikarenakan janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang sesuai.

Apabila nutrisi bagi ibu hamil untuk janin tidak mencukupi, maka akan sangat berpengaruh pada perkembangan janin tersebut. Oleh karena itu, ibu hamil dan juga keluarga harus memperhatikan betul mengenai asupan nutrisi. Di bawah ini akan dijelaskan nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan agar perkembangan janin berjalan dengan baik.

Macam-Macam Nutrisi Bagi Ibu Hamil
Salah satu nutrisi yang penting bagi ibu hamil adalah vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan

Protein

Kandungan protein dalam makanan sangat bermanfaat dalam pembentukan sel dan darah. Selain itu, protein bisa menjadi sumber kalori dan zat pembangun. Bagi ibu hamil, protein yang dibutuhkan cukup banyak. Adalah 60 gram setiap hari, atau 10 gram lebih banyak dari kondisi biasanya (ketika tidak hamil). Zat protein dapat Anda peroleh dari daging, putih telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Kalsium

Fungsi utama dari gizi kalsium adalah memperkuat tulang. Namun, dalam konteks ibu hamil, kalsium akan sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan serta pembentukan gigi dan tulan janin. Selama masih di dalam kandungan, janin akan mendapatkan suplai kalsium melalui tulang ibunya. Dengan begitu, ibu hamil sebaiknya rutin mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan susu.

Vitamin A

Vitamin A cukup bagus untuk kesehatan mata dan pertumbuhan tulang serta kulit. Selain itu, vitamin A juga berperan sebagai imunitas dan membantu pertumbuhan janin. Meski demikian, ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara berlebihan, karena akan mengganggu pertumbuhan janin.

Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk menyerap zat besi. Selain itu, vitamin C juga dapat menunjang kesehatan gigi dan gusi. Fungsi tambahan dari vitamin C adalah melindungi jaringan organ tubuh dari berbagai macam gangguan. Vitamin C ini bisa diperoleh dari buah jeruk.
Baca juga : 7 Macam Buah yang Mengandung Vitamin C

Vitamin D

Fungsi utama dari vitamin ini adalah menyerap kalsium. Artinya, vitamin D membantu menyerap kalsium dari tubuh ibu hamil untuk disalurkan ke janin. Dengan begitu, vitamin D akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sekaligus pembentukan tulang janin. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain: hati ikan, telur, susu.

CARA CEPAT HAMIL
Untuk Anda Yang Belum Punya Momongan
Atau Sudah Punya Anak Tapi Susah Hamil Lagi

silahkan download Ebooknya dibawah ini :

Zat Besi

Kandungan zat besi dalam makanan dapat membantu pembentukan sel darah merah. Fungsi lain yang tak kalah pentingnya adalah membantu mencegah penyakit anemia bagi ibu hamil. Kebutuhan zat besi ibu hamil biasanya sekitar 30 mg per hari. Kandungan zat besi itu sendiri bisa diperoleh pada daging, ikan, dan hati.

Itulah ulasan tentang nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi guna menunjang perkembangan janin dalam kandungan. Semoga dengan penjelasan di atas Anda semakin tahu apa saja nutrisi ibu hamil.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close