Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk | Dunia Informasi Kesehatan Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk


Jika seseorang sedang panas dalam, atau dalam kondisi tidak sehat sering mengalami yang namanya sakit tenggorokan. Sakit tenggorakan ini umumnya disebabkan oleh bakteri yang menyebar dimakanan atau minuman yang kita santap. Dapat juga melalui udara, makanya disebut batuk atau sakit tenggorokan dapat menular melalui udara. Disarankan yang mengalami sakit tenggorokan dan batuk untuk memakai masker supaya tidak menularkan ke orang lain.

Memang sangat tidak enak jika sudah mengalami sakit tenggorokan ini, apalagi sampai batuk-batuk.
Mau ngomong susah, makan susah, apalagi nyanyi dan lain sebagai yang berhubungan dengan mulut dan tenggorakan. Obat sakit tenggorokan sebenarnya bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita seperti garam, lemon, jahe dan lain sebagainya. Jadi disini saya akan berbagi beberapa informasi obat alami untuk sakit tenggorokan dan batuk anda, silahkan disimak.
Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk
Ilustrasi sakit tenggorokan

Cara mengobati sakit tenggorokan

Adapun beberapa obat sakit tenggorokan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar kita dapat dilihat dibawah ini :

1. Berkumur dan minum air garam

Berkumur dengan air garam sangat efektif dan cepat melegakan sakit tenggorokan. Dan air garam juga dapat menghilangkan panas dalam ketika anda meminumnya. Seperti yang kita ketahui panas dalam adalah satu penyebab sakit tenggorakan ini. Dan juga garam ini berfungsi sebagai antiseptik, yang dapat membersihkan lendir di tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit yang ada. Sebelum berkumur, pastikan air dalam suhu hangat dan cukup nyaman. Kemudian, tambahkan setengah sendok teh garam dan aduk hingga rata. Berkumurlah setidaknya 3 kali sehari, dan setelah berkumur, minum lagi air garam yang baru.(jangan minum air bekas kumuran).

Artikel terkait : Ramuan Tradisional Mengobati Sariawan

2. Madu dan Lemon

Madu adalah bahan alami yang paling sering ditemukan dan sering digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Madu sering digunakan karena kemampuan anti-bakterialnya membantu proses pengobatan. Sedangkan lemon juga berguna untuk mengobati sakit tenggorakan. Jika anda mengkombinasikan keduanya pasti akan lebih efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk anda. 

3. Teh jahe

Jahe sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengobati sakit tenggorokan. Dikarenakan kandungan zingiberin pada jahe membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Khasiat anti-inflamasi dalam jahe juga membantu membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Untuk menikmati minuman berkhasiat ini, cukup iris beberapa ruas jahe dan nikmati dengan secangkir teh hangat. Baca juga : Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan

4. Bawang putih

Bahan yang sering dijadikan sebagai bumbu dapur ini ternyata dapat mengobati sakit tenggorokan juga. Dikarenakan bawang putih ini mengandung senyawa yang bernama allicin yang merupakan zat pembunuh bakteri. Cara menggunakannya gampang sekali, anda tinggal kunyah beberapa bawang putih tersebut, dan diamkan dalam tenggorokan anda selama beberapa menit, setelah itu kumur dengan air hangat. (dilanjutkan dengan minum teh jahe, atau campuran madu dan lemon)
Tambahan informasi : bawang di kunyah dalam keadaan mentah, bukan yang sudah dimasak.

Artikel terkait : Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dengan Bawang Putih

5. Buah belimbing

Buah dengan nama inggris “starfruit” ini ternyata juga bisa mengobati sakit tenggorokan. Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk menggunakannya dapat dikomsumsi secara langsung, ataupun di buat jus (tanpa gula). Baca juga : Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Obat-Obatan

Itulah beberapa cara alami menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk dengan berbagai macam bahan tanaman maupun yang ada di dapur anda. Mudah bukan?

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close