Inilah 5 Tips Paling Ampuh Untuk Mencegah Gejala-Gejala PMS Inilah 5 Tips Paling Ampuh Untuk Mencegah Gejala-Gejala PMS


Inilah 5 Tips Paling Ampuh Untuk Mencegah Gejala-Gejala PMS
Duniainformasikesehatan.com - Saat mendekati masa menstruasi, biasanya wanita akan mengalami gejala premanstruasi atau yang sering disebut PMS. Sebagian wanita mengalami gejala minor, sedangkan yang lainnya mengalami gejala ekstrem.

Pada umumnya, mereka akan mengalami gejala-gejala seperti kram, suasana hati tidak menentu, perut bagian bawah kembung, badan sakit-sakit dan masih banyak lagi. Supaya anda tidak mengalaminya, berikut Ini adalah cara mencegah gejala PMS.

1. Diet sehat
Untuk mencegah terjadinya gejala PMS, sebaiknya anda melakukan diet sehat dan tidak berlebih dalam mengkonsumsi makanan. Cobalah untuk mengkonsumsi menu sehat seperti jus, serat, karbohidrat, biji-bijian, salad dan sayuran hijau.

Sementara itu, anda juga disarankan untuk menghindari konsumsi kafein, garam, daging merah dan gula secara berlebihan. Karena makanan-makanan ini bisa memperparah gejala PMS.

2. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga adalah aktivitas yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Maka dari itu, anda sangat disarankan untuk rutin berolahraga terlebih lagi ketika memasuki masa menstruasi. Dengan berolahraga maka akan membuat tubuh merasa sehat dan bugar.

Hal ini juga bermanfaat untuk mempengaruhi mood anda dan mengendalikan gejala PMS supaya tidak parah.

3. Makan secara teratur

Salah satu faktor yang memicu terjadinya kembung adalah telat makan. Hal ini tentunya bisa memperburuk gejala PMS. Apabila anda tidak makan secara teratur, maka bisa menurunkan gula darah dan membuat sakit kepala. Untuk itu, jagalah pola maka anda supaya tidak mengalami gangguan kesehatan lain.

4. Diet Tinggi Vitamin B

Memperbanyak asupan Vitamin B adalah cara terbaik untuk mengendalikan gejala PMS seperti depresi dan perubahan suasana hati. Konsumsilah makanan tinggi Vitamin B ketika anda memasuki masa menstruasi. Beberapa makanan sehat yang bisa anda konsumsi adalah dada ayam, biji-bijian, kacang-kacangan, pisang dan sejenisnya.

5. Mengkonsumi Banyak Kalsium

Asupan kalsium sangatlah penting bagi semua wanita. Selain bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, kalsium juga berperan penting bagi kesehatan tubuh dan mencegah penyakit.

Konsumsilah setidaknya 1.000-1.200 gram kalsium setiap harinya untuk mengontrol gejala PMS seperti iritasi, perubahan suasana hati dan kram.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.