Cara Mudah Mengobati Sariawan pada Anak Cara Mudah Mengobati Sariawan pada Anak


Cara Mudah Mengobati Sariawan pada Anak
Duniainformasikesehatan.com - Sariawan pada anak memang sangat mengganggu dan kita orang tua yang melihat ini terjadi pada anaknya pasti merasa kasihan. Anak menjadi susah makan dan malas bicara karena sakitnya sariawan.

Namun untuk anda para orang tua jangan khawatir, sebenarnya sariawan pada anak itu dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi agar proses penyembuhan bisa berlangsung cepat, mungkin anda bisa lakukan beberapa cara dibawah ini :

1. Minyak Kelapa
Oleskan minyak kelapa secukupnya pada bagian mulut yang terkena sariawan. Minyak kelapa ini berfungsi sebagai pembunuh kuman dan bakteri yang ada didalam mulut anak sehingga proses penyembuhan sariawan pada anak menjadi lebih cepat.

2. Baking Soda
Baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan pada anak. Caranya menggunakannya hampir sama seperti menggunakan minyak kelapa. Sifat baking soda yang anti bakteri adalah kunci utama dari penggunaan bahan ini. Dan tidak ada efek samping buat sianak sehingga bisa tetap beraktifitas seperti biasa.

3. Perbanyak konsumsi buah (vitamin c)
Salah satu penyebab sariawan pada anak adalah kurangnya vitamin c. Sehingga pemberian asupan vitamin c ini menjadi sangat penting untuk proses penyembuhan sariawan. Adapun buah-buah yang mengandung vitamin c adalah seperti anggur, delima, pepaya, nanas dan strawbery. untuk lebih jelasnya anda bisa artikelnya disini : "7 Macam Buah yang Mengandung Vitamin C".

4. Hindari makanan manis
Untuk anak yang sedang dalam proses penyembuhan sariawan usahakan untuk mengkonsumsi makanan manis dari gula seperti permen, minuman kaleng dan sebagainya. Karena hal tersebut dapat mengundang bakteri masuk kedalam mulut sehingga proses penyembuhan sariawan pada anak menjadi terhambat.

5. Minum air putih
Salah satu penyebab sariawan pada anak juga adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi air putih secara teratur setiap hari pasti akan sangat membantu proses penyembuhan sariawan pada anak tersebut.

Jika anak anda masih bayi mungkin cara diatas belum bisa diterapkan, tapi tenang ada cara lain lagi untuk pengobatan sariawan pada bayi.

Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membuatnya lebih nyaman dan mempercepat penyembuhan:
  • Berikan sirup acetaminophen (parasetamol) atau ibuprofen untuk membantu mengurangi rasa sakit dan demam. Jika bayi berusia di bawah 3 bulan, tanyakan kepada dokter sebelum memberinya obat penghilang rasa sakit apapun. 
  • Berikan cairan yang cukup, meskipun dia mungkin tidak mau minum karena rasa sakit, tapi cairan sangat penting. Jadi, pastikan anak mendapat banyak ASI atau susu formula. Jika bayi sudah berusia di atas 4 bulan, Anda juga dapat memberinya minuman lain seperti air atau jus apel encer asal jangan berikan minuman asam atau berkarbonasi. 
  • Jika bayi sudah diberikan makanan padat, maka berikanlah makanan yang sifatnya lunak seperti kentang tumbuk, yoghurt, saus apel, dan makanan lunak lainnya yang tidak memerlukan mengunyah. Tapi jangan memaksa bayi untuk makan makanan padat jika mulutnya sakit.
  • Untuk anak yang lebih besar, hindarilah makanan-makanan pedas, makanan keras seperti goreng-gorengan, kerupuk, keripik, dan semacamnya. Jika anak sudah bisa berkumur, anjurkan untuk berkumur dengan air garam hangat. 
  • Lakukan selama 30-60 detik minal dua kali sehari. Anak atau bayi tidak perlu diberikan obat sariawan layaknya orang dewasa. Cukup dengan perawatan di atas, sariawan akan menyembuh dengan cepat.
Bagaimana? mudah bukan cara mengobati sariawan pada anak? Semoga artikel kali ini bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.