4 Cara Paling Mudah Untuk Mengurangi Asupan Gula 4 Cara Paling Mudah Untuk Mengurangi Asupan Gula


4 Cara Paling Mudah Untuk Mengurangi Asupan Gula
Duniainformasikesehatan.com - Gula menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian orang. Namun ada juga yang justru memusuhi gula, karena gula sering dikaitkan dengan beragam penyakit berbahaya.Jadi tak heran apabila banyak yang menjauhi dan mencoba diet gula.

Namun sayangnya, secara tidak sadar masih banyak orang yang salah kaprah dalam diet gula. Mereka justru membuat tubuh kekurangan energi dan kadar gula dalam darah menurun secara drastis. Hal ini akan memicu perasaan lapar dan mengarah pada langkah tidak sehat.

Mengurangi asupan gula seharusnya dilakukan secara bertahap, supaya tubuh tak terkejut dengan adanya perubahan yang terjadi. Berikut ini merupakan langkah-langkah sederhana untuk mengurangi jumlah asupan gula secara perlahan.

1. Menyeimbangkan Usus


Sejumlah penelitian membuktikan betapa pentingnya peran bakteri di dalam usus. Salah satunya menyatakan jika ribuan mikroba di saluran pencernaan bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Di dalam saluran cerna ada mikroba yang membutuhkan asupan gula. Apabila tidak terpenuhi, bisa-bisa menambah besar asupan yang dibutuhkan.

Maka dari itu sebaiknya anda tetap mengkonsumsi gula namun dengan takaran yang lebih dikurangi dari biasanya.

2. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Protein

Saat anda merasa lapar, pastinya keinginan untuk mengkonsumsi mananan yang manis tidak bisa dihindari lagi. Namun jika anda terus menerus menurutinya maka asupan gula menjadi sangat tinggi.Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda mengkonsumsi protein ketika tubuh merasa memerlukan asupan gula.

Makanan yang tinggi akan kandungan protein akan dicerna lebih lama oleh tubuh. Sehingga anda tidak mudah lapar.Beberapa makanan yang kaya protein adalah telur, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Membatasi makanan

Saat anda mulai mengurangi jumlah asupan gula, maka tubuh anda bisa dipastikan kekurangan energi. Biasanya keadaan ini membuat anda semakin bernafsu untuk makan makanan manis. Seorang ahli gizi bernama Cassandra Barns mengungkapkan jika mengkonsumsi kromium bisa membantu tubuh untuk membatasi makanan.

4. Memilih dengan bijak

Mulai saat ini cobalah untuk memperhatikan komposisi dan label nutrisi dari produk makanan yang ingin anda konsumsi.Hal ini sangatlah penting agar anda mengetahui seberapa besar kandungan gula pada makanan tersebut. Dengan demikian anda bisa membatasi jumlah konsumsinya.

Selain itu jangan pernah menambahkan gula di minuman panas dan makanan lain. (*)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.