5 Penyakit Kulit yang Bisa Dihindari dengan Mencuci Tangan Secara Rutin 5 Penyakit Kulit yang Bisa Dihindari dengan Mencuci Tangan Secara Rutin


5 Penyakit Kulit yang Bisa Dihindari dengan Mencuci Tangan Secara Rutin
Duniainformasikesehatan.com - Tahukah Kamu ada jutaan kuman, bakteri, virus, dan jamur di tangan manusia? Sebagian besarnya memang tidak berpengaruh besar terhadap kesehatan, tetapi saat kekebalan tubuh sedang menurun (akibat perubahan cuaca, hormon, dsb), semua ini bisa menyebabkan penyakit.

Inilah pentingnya mencuci tangan. Banyak orang menganggap remeh proses mencuci tangan dan berpikir proses ini tidak banyak gunanya. Kali ini, kami akan membahas beberapa penyakit kulit yang bisa dihindari dengan mencuci tangan secara rutin.

1. Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit menyebalkan yang bisa menyerang baik remaja maupun dewasa. Jerawat muncul karena reaksi tubuh terhadap kuman atau kotoran yang tersumbat di pori-pori. Ada juga jerawat yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, yang sering kali berukuran lebih besar, merah, dan tidak memiliki "inti". Akan tetapi, mengikuti 7 langkah cuci tangan yang benar dapat mengurangi intensitas dan penyebaran jerawat secara maksimal.

2. Penyakit tangan kaki dan mulut

Penyakit yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Hand Foot Mouth Disease ini disebabkan oleh infeksi virus dari genus Entrovirus dan sering diidap anak berusia di bawah 5 tahun. Penyakit ini ditandai dengan gatal-gatal kemerahan di tangan, kaki, dan sekitar mulut. Selain itu, penyakit ini juga bisa menimbulkan gejala demam dan masalah pernapasan. Penularannya bisa dihindari dengan mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh anak yang mengidapnya.

3. Kudis

Disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei, penyakit kudis umum ditemui di negara-negara berkembang. Pengidapnya biasanya orang-orang dengan kekebalan tubuh yang rendah, seperti anak-anak dan lansia. Kudis ditandai dengan gatal-gatal dan keropeng di kulit.

Karena penyakit kudis sangat menular, salah satu cara terbaik untuk mencegahnya adalah mencuci tangan secara rutin. Jika salah satu anggota keluarga mengidap kudis, selain mencuci tangan, Anda juga sebaiknya mencuci baju pengidapnya secara terpisah dengan air panas.

4. Herpes

Herpes tidak selamanya menyerang kulit di bagian intim, tapi juga daerah sekitar mulut. Herpes disebabkan oleh virus HSV (Herpes Simplex Virus) dan ditandai dengan gejala luka-luka merah di sekitar mulut. Selain gatal, luka-luka ini juga terasa perih dan panas.

Virus HSV sangat mudah menyebar melalui sentuhan. Jika ada seseorang di sekitar kamu yang mengidap herpes, kamu harus menerapkan 7 langkah cuci tangan sebaik-baiknya untuk menghindari penularannya. Hindari pula menggunakan peralatan makan yang telah digunakan pengidap herpes.

5. Impetigo

Impetigo merupakan penyakit kulit yang sering diidap anak-anak, tetapi tak jarang pula menyerang orang dewasa. Ditandai dengan gatal-gatal yang melepuh dan mengeluarkan cairan di bagian hidung dan mulut, impetigo sering dikira sebagai herpes.

Setelah beberapa hari, gatal-gatal impetigo berubah menjadi koreng dan menyebar ke bagian tubuh lain, apalagi jika pengidapnya suka menggaruk dan tidak mencuci tangan setelahnya. Impetigo disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus yang sangat mudah menular.

Baca juga : Hati-hati 5 Kebiasaan ini Bisa Bikin Kulit Kamu Jadi Rusak!

Penyakit-penyakit kulit di daftar ini sangat mengganggu pengidapnya karena selain sakit, juga mengakibatkan rasa gatal yang sulit dikontrol. Beberapa penyakit kulit juga bisa menyerang organ tubuh lain jika tidak segera ditangani. Jika Kamu atau salah satu anggota keluarga menunjukkan gejala-gejala penyakit kulit, segera konsultasikan ke dokter.

Dalam banyak hal, penyakit kulit menular sangat cepat dan mudah. Dan karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, terapkan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, sesudah buang air, dan ketika sampai di rumah setelah beraktivitas di luar.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.