Minum Kopi Bisa Bikin Panjang Umur? Ini Buktinya... Minum Kopi Bisa Bikin Panjang Umur? Ini Buktinya...


Minum Kopi Bisa Bikin Panjang Umur? Ini Buktinya...
Duniainformasikesehatan.com - Kopi sudah sering dituduh sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, lambung, dan kerusakan gigi.

Namun pernyataan tersebut dipatahkan oleh berbagai penelitian terbaru. Minum kopi ternyata mendatangkan banyak manfaat kesehatan termasuk membuat panjang umur.

Salah satu fakta yang menarik yaitu konsumsi kopi dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung. Hal ini didukung oleh penelitian dari American Heart Association. Di dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa konsumsi kopi antara 1–2 cangkir sehari tidak berbahaya bagi jantung.

Konsumsi kopi juga ditemukan mampu menurunkan risiko terjadinya stroke pada wanita usia lanjut. Peneltian di Amerika dan Swedia menemukan, wanita usia lanjut yang mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir dalam sehari, mengurangi risiko stroke sebesar 20–25 persen.

Penelitian serupa yang dilakukan terhadap pria usia lanjut juga menunjukan hasil yang sama.

Masih tentang manfaat kopi, studi lain menunjukkan, konsumsi kopi memberikan efek protektif terhadap penyakit Parkinson, Diabetes tipe 2, dan penyakit liver, termasuk kanker liver.

Sebuah studi di Harvard tahun 2013 menemukan bahwa kopi menurunkan risiko bunuh diri. Konsumsi kopi sebanyak 2–3 cangkir sehari mampu menurunkan risiko bunuh diri sebesar 45 persen. Pasalnya, kafein di dalam kopi merupakan stimulan yang dapat meningkatkan mood seseorang.

Dari seluruh manfaat kopi yang dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa kopi sebenarnya mampu meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur seseorang.

Kesimpulan tersebut tentunya didukung juga oleh penelitan dari NIH National Cancer Institute yang diikuti lebih dari 400,000 responden. Hasilnya, konsumsi kopi secara rutin mampu menurunkan risiko kematian jika dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Terbukti bahwa minuman yang satu ini memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan. Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi secara berlebihan, sebab hal tersebut justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan lambung. (Klikdokter)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.