5 Olahraga Yang Sangat Dianjurkan Bagi Penderita Asma 5 Olahraga Yang Sangat Dianjurkan Bagi Penderita Asma


5 Olahraga Yang Sangat Dianjurkan Bagi Penderita Asma
Duniainformasikesehatan.com - Berolahraga atau melakukan aktifitas fisik merupakan salah satu pantangan bagi penderita asma, karena hal ini bisa memicu kekambuhan penyakitnya tersebut. Meskipun demikian, bukan berarti penderita asma tidak diperbolehkan melakukan olahraga sama sekali.

Anda masih bisa melakukan olahraga tertentu dengan catatan sudah dianjurkan oleh dokter. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang masih aman untuk dilakukan para penderita asma.

1.Yoga

Olahraga yang satu ini sangat dianjurkan bagi penderita asma. Karena latihan pernapasan pada yoga bisa mengaktifkan paru-paru secara keseluruhan.

Sebuah penelitian menemukan, jika penderta asma yang melakukan latihan Hatha yoga selama 2 1/2 jam per minggu dalam kurun waktu 10 minggu bisa mengurangi konsumsi obat-obatan asma.

2.Golf

Golf adalah salah satu olahraga mewah yang sangat bermanfaat untuk penderita asma. Menurut Mark, berjalan ke track golf berikutnya dan mengayunkan tangan bisa membantu seseorang mengurangi gejala asma. Silahkan anda mencobaa bermain golf setidaknya 2x dalam seminggu.

3.Renang

Aktifitas fisik di dalam air ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi penderita asma. Menurut Holbreich, teknik pernapasan dan gerakan renang bisa melonggarkan lendir yang menumpuk di paru-paru. Penderita asma juga dianjurkan untuk rutin melakukan renang setidaknya 3x dalam seminggu.

Selain bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, sakit asma yang dideritanya pun bisa disembuhkan secara bertahap.

4.Berjalan Kaki

Sebuah penelitian mengungkapkan jika orang dewasa yang rutin berjalan kaki 3x seminggu dalam 12 minggu bisa mengendalikan dan meningkatkan kebugaran tubuh tanpa harus takut asma akan kambuh.

Lisa M. Schwiebert, PhD sang penulis penelitian sekaligus profesor asosiat bidang biologi sel, integratif, dan pengembangan di University of Alabama, Birmingham mengungkapkan jika latihan terbaik bagi penderita asma untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya adalah jalan kaki.

Selain itu, dokter internis Scott & White Healthcare,Round Rock,Texas Lianne Marks Md menyarankan untuk selalu mengawali jalan kaki dengan beberapa pemanasan ringan, kemudian berjalan kaki 30 menit dan mengahirinya dengan pendinginan.

5.Bisbol

Mark Holbreich, MD seorang ahli alergi dari Indiana mengungkapkan jika bisbol adalah olahraga yang aman untuk penderita asma. Gerakan lari pada bisbol bisa berfungsi sebagai sarana latihan pernapasan. Bahkan sebuah penelitian pernah menemukan 75% anak penderita asma yang rutin berlatih bisbol tak lagi memerlukan inhaler.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.