5 Olahraga Ini Wajib Dihindari Para Penderita Sakit Pinggang 5 Olahraga Ini Wajib Dihindari Para Penderita Sakit Pinggang


5 Olahraga Ini Wajib Dihindari Para Penderita Sakit Pinggang
Duniainformasikesehatan.com - Olahraga adalah salah satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan berolahraga tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.Meskipun demikian, bukan berarti kita bisa melakukan olahraga secara sembarangan. Nyatanya, ada beberapa olahraga yang dilarang bagi mereka yang menderita sakit punggung.

Jika terus dipaksakan, justru membuat kondisinya lebih parah. Langsung saja kita simak apa saja penyakit yang tidak boleh dilakukan para penderita sakit punggung.

1. Squat

Squat adalah olahraga yang dilakukan untuk memperkuat otot lutut dan kaki.Olahraga ini sangatlah tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki sakit pinggang.Karena kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatalk. Namun jika anda tetap ingin latihan squat, sebaiknya lakukan yang lebih aman saja.

Misalnya dengan menempelkan punggung di tembok lalu turun secara pelan-pelan dan membntuk sikap setengah duduk.

2. Lari

Lari adalah olahraga yang mempunyai efek berat bagi kaki anda, jadi tak mengherankan apabila sering memicu sakit punggung. Rasa sakitnya pun semakin tinggi ketika anda terlalu lama berlari, bagi penderita sakit punggung tentunya kondisi ini sangat mengkhawatirkan.

Untuk menggantikannya, sebaiknya anda melakukan olahraga renang saja. Karena renang fokus pada ketahanan semua anggota tubuh, bukannya pada sendi kaki.Sehingga tidak berbahaya bagi punggung anda.

3. Tinju

Tinju sangatlah tidak efektif untuk menjaga kesehatan punggung,untuk itu anda pun sebaiknya menjauhi olahraga ini. Namun, apabila ingin memukuli kantong tinju sebaiknya anda mengencangkan seluruh otot perut. Otot perut yang kuat mempunyai efek yang sama dengan korset untuk mendukung punggung anda.

4. Lompat tali

Tidak jauh berbeda dengan squat, lompat tali merupakan cara paling efektif untuk membakar kalori dalam tubuh anda. Sayangnya, hal tersebut bisa memberi tekanan berlebih terhadap sendi-sendi anda. Maka dari itu, sebaiknya lompat tali tidak dilakukan bagi mereka yang memiliki masalah sakit punggung.

5. Sit Up

Mungkin sit up adalah latihan terbaik untuk membentuk otot perut, akan tetapi efek sampingnya sangatlah berbahaya bagi tulang punggung anda. Selain bekerja sebanyak 20% untuk otot perut, olahraga ini juga memberi penekanan yang lebih banyak pada tulang belakang. Untuk itu, sit up tidak direkomendasikan bagi penderita sakit pinggang.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.