Terapkan Prinsip Ini Jika Ingin Mengurangi Kebiasaan Belanja Terapkan Prinsip Ini Jika Ingin Mengurangi Kebiasaan Belanja


Terapkan Prinsip Ini Jika Ingin Mengurangi Kebiasaan Belanja
Duniainformasikesehatan.com - Belanja merupakan aktivitas normal yang dilakukan orang-orang untuk memenuhi kebutuhannya. Namun kegiatan belanja bisa menjadi abnormal jika dilakukan terlalu sering atau membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Sayangnya sifat konsumerisme seperti ini didukung oleh banyaknya pusat perbelanjaan, baik offline maupun online. ‘Doyan belanja’ memang sangat identik dengan kaum hawa, meskipun tidak semua perempuan memiliki karakteristik doyan belanja. 

Terlepas apakah itu perempuan atau pria, kamu harus memiliki beberapa prinsip berikut ini jika kamu ingin mengurangi kebiasaan belanja kamu. Menjadi shopping addict memang menyenangkan saat ada uangnya, namun jika tidak ada, maka kegalauan lah yang akan didapat. Sebagai solusinya, langsung simak dibawah ini ya!

Tanamkan Niat Kuat untuk Berhemat


Segala sesuatu memang harus dimulai dari niat yang kuat, termasuk saat kamu ingin menghentikan kebiasaan belanja kamu yang berlebihan. Menanamkan komitmen untuk berhemat memang terdengar sepele, namun hal itu termasuk sangat sulit untuk ditanamkan. Harus ada ‘trigger factor’ agar kamu bisa mengaplikasikan komitmen yang telah dibuat. Nah sebagai pemicu kamu untuk berhemat, cobalah untuk melihat kondisi sosial disekelilingmu, banyak orang yang lebih membutuhkan bantuan uang darimu daripada harus dihambur-hamburkan untuk dibelanjakan. Selain itu, sifat konsumerisme juga bisa ditekan dengan melakukan berbagai aktivitas yang berbau spiritual. Banyak figur sukses yang memperlihatkan bahwa kesuksesan dimulai dari kebiasaan berhemat.

Biasakan Menabung

Prinsip ini memang sangat klasik, namun hingga kini, prinsip ini sulit untuk diaplikasikan. Menabung merupakan cara paling mudah untuk membiasakan diri dengan berhemat. Kamu juga harus memiliki visi mengapa kamu harus menabung. Misalnya, kamu memiliki keinginan untuk membangun perusahaan, maka kamu bisa memanfaatkan mimpi kamu tersebut sebagai alasan untuk menabung. Biasakan mengambil beberapa persen dari gajimu untuk ditabung. Jangan berpikir bahwa kelebihan gaji hanya bisa dimanfaatkan untuk shopping. Sebaliknya, sebaiknya kamu ambil kelebihan gaji yang tidak terpakai untuk ditabungkan sebagai bekal di masa depanmu.

Jangan Pernah Anti Promo

Sehabis gajian, banyak orang yang ‘kalap’ dan akhirnya membeli barang-barang yang tidak terlalu diperlukan dengan harga fantastis. Faktor ‘kalap’ inilah yang membuat banyak orang ‘gelap mata’, sehingga tidak menganalisa terlebih dahulu mana produk yang mahal dan mana yang murah. Jika kamu ingin menghentikan kebiasaan belanja boros, sebaiknya jangan anti promo. Berbagai online shop menyediakan promo diskon sehingga barang-barang pun menjadi lebih murah. Salah satunya yaitu Bibli yang merupakan toko online paling kredibel di Indonesia. Dengan memanfaatkan promo Blibli, tentunya kamu bisa menanmkan sifat berhemat. Untuk menemukan promo Blibli 2017, usahakan selalu update baik pada situs Bibli maupun pada akun sosial media Bibli. (*)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.