Tak Disangka, Ternyata 4 Tempat Ini Mampu Memicu Ketulian Permanen Tak Disangka, Ternyata 4 Tempat Ini Mampu Memicu Ketulian Permanen


Tak Disangka, Ternyata 4 Tempat Ini Mampu Memicu Ketulian Permanen
Duniainformasikesehatan.com - Belum banyak orang yang menyadari apabila kebisingan mampu mempengaruhi fungsi pendengaran.Dr. Damayanti Soetjipto SpTHT-Kl(K) ketua dari Komnas PGPKT mengungkapkan apabila batas aman kebisingan untuk pendengaran adalah 80 desibel

Dr. Damayanti juga menyebutkan apabila "Batas aman 80 desibel itu untuk pendengaran dalam kurun waktu 24 jam. Apabila suara terlalu keras, telinga bagailkan digedor-gedor hingga capek," Jelasnya di Gedung Kementrian Kesehatan.

Jika lebih dari itu, maka pendengaran bisa mengalami kerusakan hingga ketulian bersifat permanen. Pastinya hal ini sangat merugikan bukan? Damayanti menyebutkan, apabila ada beberapa lokasi yang memiliki tingkat kebisingan lebih 80 desibel.

Lantas, tempat saja itu? simak selengkapnya berikut ini.

1. Angkutan umum yang penuh dengan musik

Apakah anda sering melakukan perjalanan mengendarai angkutan umum ke Sorong, Padang, Kupang, sampai Ternate? Jika iya, maka berhati-hatilah. Karena hampir semua angkutan umum disana penuh dengan musik.

Hasil pengukuran terhadap angkutan umum di Sorong mencapai 110 desibel. Batas aman untuk pendengaran hanyalah 5 menit saja. Apabila anda berada di sana dalam waktu yang lama, bisa-bisa pendengaran mengalami gangguan yang cukup serius.

2. Kawasan Bermain Anak di Mall

Mulai sekarang jangan terlalu sering mengajak anak anda ke tempat bermain yang ada di mall. Hal ini dikarenakan tempat tersebut mempunyai tingkat kebisingan hingga 96,1 desibel. Bahkan ada juga beberapa mesin permainan mencapai 101,3-128 desibel. Sangat merugikan bukan?

"Maka dari itu jangan membawa anak lama-lama bermain di sana. Sebaiknya tak terlalu sering," Ujar Damayanti.Selain itu, dirinya juga mengungkapkan apabila 100 desibel batasan mendengar aman hanya 15 menit saja. Selebihnya akan merusak pendengaran.

3. Konser Musik

Konser musik juga menjadi tempat yang sebaiknya anda hindari. Tempat ini memiliki suara yang sangat keras. Berada di tengah-tengah nya saa tingkat kebisingan mencapai 100 desibel. Terlebih lagi ketika anda berdiri atau duduk di dekat speaker.

4. Bengkel sekolah

Sekolah Menengah Kejuruan teknis mesin biasanya melakukan praktik dengan mesin bersuara keras. Mesin-mesin ini memiliki tingkat kebisingan lebih dari 80 desibel.

Damyanti mengungkapkan apabila para pelajar sebaiknya mengenakan penutup telinga agar aman. Akan. tetapi beberapa sekolah masih belum menyediakan fasilitas penutup telinga.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.