Ciri-Ciri dan Gejala Hepatitis yang Perlu Anda Ketahui Ciri-Ciri dan Gejala Hepatitis yang Perlu Anda Ketahui


Ciri-Ciri dan Gejala Hepatitis yang Perlu Anda Ketahui
3. Merasa mual

Mual tentu akan dirasakan oleh penderita hepatitis, karena hepatitis sendiri terjadi di area sekitar perut, apalagi hati berhubungan dengan organ-organ pencernaan lainnya. Jika hati seseorang sakit, maka secara tidak langsung tubuh akan meresponkan kepada lambung dan lambung akan memberikan respon berupa rasa mual. Itulah sebabnya orang yang terkena hepatitis lebih sering merasa mual. Selain itu, hal ini disebabkan karena setiap saraf dalam tubuh saling berhubungan satu sama lain.

4. Sakit kepala

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa saraf antara satu sama lain saling berhubungan sehingga mereka selalu berhubungan. Itu sebabnya ketika seseorang menderita hepatitis dapat merasa sakit kepala.

5. Mudah gelisah

Penderita hepatitis juga menjadi mudah gelisah karena sering merasakan sakit dan gejala lainnya sehingga menimbulkan rasa gelisah. Rasa gelisah ini dapat mengganggu kondisi psikologis dan keseimbangan tubuh.

6. Mudah marah

Selain mudah merasa gelisah, seseorang yang terserang penyakit hepatitis akan menjadi mudah marah. Hal ini disebabkan gangguan yang terjadi pada organ hati mengganggu kondisi psikologis sehingga penderita tidak dapat mengontrol emosinya. Itulah yang membuat penderita menjadi mudah marah dan tidak bisa berpikir dengan tenang.

7. Mudah menjadi depresi

Selain mudah marah dan mudah gelisah, psikologis yang terganggu merupakan salah satu penyebab depresi yang dapat membuat penderita hepatitis mudah depresi. Jika gejala depresi atau ciri-ciri depresi telah terjadi, penanganan yang diperlukan bukan hanya pengobatan medis, melainkan juga pengobatan psikologis untuk membantu menenangkan, meyakinkan, dan memberikan motivasi kepada penderita yang membuat mereka menjadi lebih tenang dalam menjalani kehidupannya. Karena pada dasarnya orang yang lebih rileks ketika menghadapi masalah, maka masalah itu akan cepat selesai, termasuk masalah terhadap penyakit yang diderita. Selain itu, mengonsumsi makanan yang ampuh usir depresidapat menjadi salah satu solusi cara mencegah depresi.

8. Menjadi sering tidur

Berdasarkan uraian pada poin 5, 6, dan 7 di atas, membuat orang yang menderita penyakit hepatitis ini menjadi sering tidur. Selain itu, penderita hepatitis menjadi mudah tidur sebagai salah salah satu efek yang terjadi untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan akibat kondisi tubuh pada orang yang menderita hepatitis mengalami penurunan sehiggga sangat mudah merasa lelah dan selalu ingin tidur dan tidur lagi.

9. Kulit lebih terlihat kuning

Pada penyakit hepatitis atau penyakit hati salah satu gejala yang mudah tampak yang ditimbulkan adalah warna yang kekuning-kuningan yang terlihat pada kulit. Hal ini terjadi karena fungsi hati tidak dapat berjalan dengan normal. Sebagaimana diketahui bahwa hati berfungsi untuk menyaring racun dan dan sebagai sistem ekskresi, dapat dibayangkan jika fungsi pengeluaran atau ekskresi saja tidak dapat berjalan dengan baik, maka pengeluaran pada tubuh pasti juga akan buruk hasilnya.

10. Penurunan berat badan

Banyak sekali fungsi hati dalam tubuh di antaranya adalah mengontrol kadar asam amino dan menyimpan beberapa mineral yang dibutuhkan pada sistem pencernaan. Jika kedua hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh hati dengan baik, maka meningkatkan risiko penyebab berat badan turun drastis bagi pendertita hepatitis.

11. Urine berwarna gelap

Hati berfungsi untuk menetralkan racun dan membantu untuk membuang zat bilirubin yang akan menghasilkan urine yang baik. Ketika hati tidak dapat berfungsi dengan normal mengakibatkan urine akan berwarna lebih gelap karena racun dan zat-zat lain yang bermanfaat semuanya keluar menjadi satu tanpa penyaringan sedikitpun.

Selanjutnya ➔

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.