Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Rentan Menyerang Ibu Hamil Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Rentan Menyerang Ibu Hamil


Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Rentan Menyerang Ibu Hamil
Duniainformasikesehatan.com - Semua ibu hamil tentu ingin menjaga kesehatan diri sendiri dan calon bayinya sebaik mungkin. Sehingga masa kehamilan yang sedang dijalani tidak akan menghalangi kita untuk tetap beraktivitas seperti biasa. Proses persalinan pun dapat menjadi lebih lancar karena tidak ada riwayat penyakit tertentu.

Sayangnya, kini tidak sedikit ibu hamil yang mengalami diabetes. Jenis diabetes ini memang berbeda dengan diabetes tipe satu dan dua. Karena diabetes pada masa kehamilan bisa sembuh setelah kita melalui proses persalinan. Namun, diabetes selama hamil ini tetap saja bisa membahayakan kesehatan ibu dan calon bayi.

Oleh sebab itu, kita mesti lebih cermat mencegah diabetes pada ibu hamil dengan melakukan beberapa hal ini :

Mengonsumsi Sumber Karbohidrat yang Tepat

Makanan untuk diabetes juga bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil yang ingin senantiasa sehat. Kini menu makanan untuk penderita diabetes tidak identik dengan rasa yang hambar dan tidak enak. Sejak ada Gorry Gourmet yang peduli dengan kesehatan kita, variasi makanan sehat jadi semakin menggugah selera.

Sumber karbohidrat yang tepat bagi ibu hamil adalah bahan makanan dengan indeks glikemik rendah. Sehingga tubuh tidak mengalami kenaikan kadar gula darah secara signifikan setelah menyantap makanan.

Cermat Memilih Jenis Camilan

Ibu hamil sebenarnya tetap boleh ngemil untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Jenis camilan yang baiknya dikonsumsi berupa camilan alami rendah lemak dalam porsi yang seimbang. Salad sayuran, buah-buahan, kacang, makanan berbahan dasar gandum utuh, dan olahan telur adalah contoh camilan yang sehat bagi ibu hamil. Kalau kita menyantapnya dengan porsi seimbang, maka kita tidak perlu khawatir akan menimbun kalori secara berlebihan selama hamil.

Aktivitas Olahraga Secara Teratur

Jangan menjadikan kehamilan sebagai alasan untuk malas berolahraga. Sebab, masih banyak jenis olahraga yang sebenarnya aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Cobalah melakukan aktivitas jalan pagi, yoga, pilates, senam hamil, atau renang selama hamil. Niscaya tubuh akan terasa bugar dan kehamilan pun senantiasa sehat. Risiko diabetes saat hamil tentunya dapat diminimalkan bila kita berolahraga secara teratur.

Tak perlu khawatir dengan serangan diabetes selama masa kehamilan. Asalkan kita senantiasa menjalani pola hidup sehat secara konsisten, diabetes yang membahayakan ibu hamil dan calon bayi tidak akan mengintai kesehatan kita. Agar lebih bersemangat, jangan lupa mengajak pasangan kita untuk ikut menjalani pola hidup sehat, ya.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.