Awas, 4 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Menular Lewat Air Liur Awas, 4 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Menular Lewat Air Liur


Awas, 4 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Menular Lewat Air Liur
Duniainformasikesehatan.com - Meskipun mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, ternyata air liur bisa juga menjadi media penularan penyakit. Maka dari itu,sebaiknya anda menghindari kebiasaan buruk seperti bersin tanpa menutup mulut dan membuar air liur sembarangan. Hal ini sangatlah merugikan orang-orang di sekitar anda, karena penyakit yang ditularkan lewat air liur tergolong berbahaya.

Untuk anda yang sudah penasaran dengan penyakit apa saja yang bisa ditularkan lewat air liur. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Virus Meningitis

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang akan mempengaruhi selaput halus penutup otak dan juga sistem syaraf pusat.Meskipun penyakit ini tergolong langka,akan tetapi meningitis bisa menyerang siapa saja.Bahkan bayi dan balita sekalipun.

Penyakit mematikan ini bisa menular melalui bersin ataupun batuk.Jadi anda harus berhati-hati saat bersin dan membuang dahak supaya tidak merugikan orang lain.

2. Influenza

Influenza adalah salah satu jenis penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat.Penyakit dengan gejala nyeri sendi,nyeri kepala,demam,pilek dan nyeri tenggorokan ibi bisa menular dengan sangat mudah melalui air liur ataupun cairan dahak.Cara penularannya juga tergolong beragam, baik itu bersin,berciuman dan batuk.Untuk mencegah Influenza bisa dilakukan vaksinasi.

3. Hepatitis B

Meskipun media penularan utamanya adalah darah,akan tetapi virus hepatitis B juga bisa ditularkan lewat air liur.Infeksi ini bisa terjadi ketika air liur dan darah penderita hepatitis bersentuhan secara langsung dengan selaput lendir atau aliran darah seseorang.

Selain itu,ciuman antara orang yang mempunyai luka terbuka di mulut dengan penderita hepatitis jga bisa menjadi media penularan Hepatitis B.

4. Virus Epstein Barr

Infeksi penyakit yang disebabkan Virus Epstein Barr ini adalah penyakit yang tergolong jarang terdeteksi.Hal ini dikarenakan gejala infeksinya sama dengan radang tenggorokan seperti pembengkakan getah bening,nyeri tenggorokan,demam, dan rasa lelah dalam kurun waktu lama.

Virus ini bisa menimbulkan penyakit infectious mononucleuosis.Sedangka penyebarannya paling banyak terjadi lewat ciuman.

Itu tadi 4 penyakit yang bisa ditularkan lewat air ludah,semoga bisa menjadi peringatan bagi anda agar tidak sembarangan dalam membuang ludah.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.