Ini Bahayanya Jika Kamu Minum Kopi atau Teh yang Terlalu Panas Ini Bahayanya Jika Kamu Minum Kopi atau Teh yang Terlalu Panas


Ini Bahayanya Jika Kamu Minum Kopi atau Teh yang Terlalu Panas
Duniainformasikesehatan.com - Memang ini tidak dilakukan oleh semua orang. Tapi sebagian ada yang mungkin sengaja atau tidak meminum teh atau kopi yang terlalu panas.

Hal ini oleh sebagian orang hanya dianggap sepele karena hanya akan membuat lidah sakit. Padahal, efek yang lebih serius bisa didapatkan jika minum teh atau kopi yang terlalu panas. Efek berbahayanya adalah dapat memicu kanker.

Menurut The International Agency for Research on Cancer (IARC), satu bagian dari World Health Organization (WHO), minuman dengan suhu 65 derajat Celcius ke atas (air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius) kemungkinan mengandung karsinogen.

Jika seseorang meminum teh atau kopi terlalu panas ini secara teratur, maka dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko terkena kanker esofagus.

Esofagus sendiri merupakan saluran yang menghubungkan kerongkongan ke lambung. Jenis kanker esofagus ini disebut salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Gejalanya ditandai dengan adanya kesulitan menelan akibat tumor yang mempersempit esofagus. Ada juga rasa sensasi terbakar ketika berusaha menelan, sakit pada tenggorokan, muntah, suara serak dan batuk yang tidak hilang selama dua minggu, serta nyeri dada.

Namun untungnya, meskipun minuman yang sangat panas dapat memicu kanker, tapi apa yang diminum malah dapat menurunkan resiko kanker.

Seperti kopi, yang mengandung antioksidan yang memiliki efek protektif terhadap kanker.

Nah, supaya lebih aman lagi, kamu bisa menyajikan teh atau kopi pada suhu yang aman juga. (Tribun)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.