Begini Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh Begini Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh


Begini Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh
Duniainformasikesehatan.com - Akhir-akhir ini banyak perokok mulai mengetahui bahayanya merokok dan banyak yang bertanya bagaimana cara menghilangkan nikotin yang ada dalam tubuh? Jika sudah terlanjur menjadi perokok berat dan ingin berhenti, bagaimana caranya?

Biasanya banyak bilang kalau susu dan soda dapat membersihkan atau setidaknya mengurangi nikotin dalam tubuh. Namun apakah benar?

Belum ada penelitian dalam skala besar yang menyatakan bahwa susu dan soda dapat membersihkan atau mengurangi nikotin didalam paru-paru. Nikotin adalah bahan adiktif yang ditemukan dalam rokok dan produk tembakau lainnya. Menurut American Heart Association, nikotin menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dapat berbahaya bagi kesehatan.

Nikotin bisa menyebabkan kecanduan fisik yang dapat bertahan selama bertahun-tahun, membuat usaha berhenti merokok menjadi sesuatu yang amat sulit dilakukan. Salah satu cara untuk menghentikan kecanduan adalah dengan membersihkan nikotin yang ada dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan nikotin dari dalam tubuh yang dilansir dari Klikdokter.com :

Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh


1. Minum banyak air

Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 – 2,0 liter air per hari. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Perlu juga menjadi perhatian, hati-hati jika mengkonsumsi air dalam jumlah berlebihan dapat membuat gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru menimbulkan penyakit lain.

2. Olahraga

Selain banyak minum air, berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin.

Jalan, joging, atau olahraga lain (seperti tenis) baik untuk membersihkan nikotin dari tubuh. Olahraga setidaknya perlu dilakukan 30 menit setiap sesi dengan frekuensi hingga 5 kali perminggu. Jangan berlebihan melakukan olahraga karena justru bisa berakibat buruk bagi paru-paru dan jantung.

3. Perbanyak buah dan kurangi fast food

Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari nikotin. Selain itu, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat untuk setidaknya beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran, dan makanan rendah kalori.

4. Hindari alkohol

Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya untuk beberapa hari selama periode upaya pembersihan nikotin. Alkohol bisa memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk merokok kembali. (*)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.