Ini Manfaat Luar Biasa Asam Jawa, Bisa Membunuh Berbagai Macam Penyakit Ini Manfaat Luar Biasa Asam Jawa, Bisa Membunuh Berbagai Macam Penyakit


Ini Manfaat Luar Biasa Asam Jawa, Bisa Membunuh Berbagai Macam Penyakit
Duniainformasikesehatan.com - Tentu seluruh masyarakat Indonesia tidak asing lagi ketika mendengar nama buahan satu ini. Terutama ibu rumah tangga. Ya, apalagi kalau bukan asam jawa.

Selama ini, buah berbentuk panjang dan memiliki cita rasa asam ini dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap masakan bercita rasa asam, seperti ikan kakap asam pedas. Namun tahukah kamu bahwa tanaman dengan nama latin Tamarindus Indica L ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembasmi penyakit?

Berikut adalah berbagai macam penyakit tersebut yang kami lansir dari Liputan6.com :

1. Demam

Penyakit pertama yang dapat dibasmi dengan asam jawa adalah demam. Caranya, cukup dengan merebus daun asam jawa dan adas sebanyak satu genggam. Kemudian saring rebusan lalu minum sebanyak dua kali, pagi dan sore sampai sembuh.

Baca juga : Resep Pengobatan Penyakit Demam Berdarah

2. Asma

Siapa menyangka kalau penyakit ini bisa disembuhkan dengan asam jawa. Ya, kamu tak perlu membawa ke rumah sakit, kamu hanya cukup meminum air rebusan alami dari asam jawa ini. Cara membuat air rebusannya yaitu dengan dua potong kulit batang asam jawa dan adas. Rebus dengan dua gelar air sampai mendidih. Saring airnya kemudian diminum dua kali sehari.

3. Batuk Kering

Siapkan tiga buah polong asam jawa dan setengah genggam daun saga. Rebus keduanya dengan empat gelas air hingga tinggal setengahnya. Saring, lalu minum sebanyak dua kali sehari.

4. Sakit Perut

Jika salah satu anggota keluarga kamu mengalami sakit perut, jangan terburu-buru untuk memberikannya obat kimia, cobalah cara ini yaitu dengan ramuan dari tiga polong buah asam jawa yang sudah dimasak yang dicampur dengan kapur sirih dan minyak kayu putih.

Dengan mengoleskannya pada perut, dijamin rasa sakit akan segera hilang. Jika ingin segera sembuh lagi cobalah meminum ramuan alami dari tiga buah polong buah asam jawa dengan satu potong gula aren.

5. Melancarkan buang air besar (BAB)

Ambillah buah asam jawa yang sudah masak secukupnya. Bersihkan dan seduh menggunakan air matang, tambahkan gula merah bila perlu. Minum secara teratur sampai benar-benar sembuh.

6. Bisul

Rendamlah daging buah asam yang sudah matang di dalam satu gelas air sampai mengembang. Kemudian iris temulawak dan gula aren sebagai pemanis. Campur semua bahan lalu direbus hingga airnya tinggal setengah. Saring, minumlah sehari sekali sampai sembuh.

Baca juga : Cara Mudah Mengobati Bisul

Sedangkan obat yang untuk ditempel. Siapkan asam jawa sebesar telur burung puyuh, sedikit garam dan minyak dicampur dan dilumatkan. Tempelkan campuran tersebut sampai sembuh.

7. Menghilangkan rasa gatal pada bekas luka yang sudah kering

Luka yang sudang mengering memang sering menimbulkan rasa gatal. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mengosokkan ramuan dari asam jawa pada luka tersebut. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu menyeduh asam jawa dengan air matang. Kemudian asam jawa tadi digosokan ke bekas luka.

Adapula cara alternatif lainnya, caranya menghaluskan satu sendok makan penuh daun asam jawa dan sepotong empu kunyit. Setelah itu tempelkan campuran pada bekas luka yang gatal.(*)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.