Faktor - Faktor Penyebab Diare Pada Anak Faktor - Faktor Penyebab Diare Pada Anak


Faktor - Faktor Penyebab Diare Pada Anak
Duniainformasikesehatan.com - Penyakit penyebab diare pada anak memang suatu hal yang wajar terjadi karena pada umumnya banyak sekali orang yang mengalami penyakit diare ini. Tentunya Anda akan sering melihat banyak sekali anak-anak yang mengalami diare secara tiba-tiba. Ini disebabkan karena beberapa faktor tertentu. Faktor-faktor tersebut seperti :

● Karena Infeksi Virus dan Bakteri

Faktor yang sering kita temu pada anak yang mengalami diare adalah akibat dari virus dan bakteri. Virus dan bakteri ini umumnya hinggap pada makanan yang mereka konsumsi. Anak-anak memang sering memakan apa yang mereka lihat, dan tidak memperhatikan kebersihan makanan, otomatis bakteri dan virus dapat hinggap di makanan tersebut.

Bakteri yang hinggap di makanan tersebut adalah bakteri salmonella ataupun bakteri E.Coli. untuk itu, hal yang paling utama ketika mengkonsumsi makanan adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Untuk para orang tua, Anda harus memperhatikan selalu konsumsi makanan apa yang telah anak Anda makan.

● Terlalu Banyak Minum Jus dan Susu

Hal ini juga dapat menyebabkan diare terhadap anak. Mengkonsumsi jus dan susu apabila berlebih justru akan berakibat fatal. Jus dari berbagai macam buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, apabila teralalu sering dikonsumsi, maka sistem imun dalam tubuh tidak akan seimbang. Sehingga penolakan di tubuh dapat dikeluarkan melalui buang air besar secara terus menerus, begitu juga dengan susu.

● Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Yang Pedas

Tentu saja hal ini dapat terjadi diare bukan hanya terjadi pada anak, tapi orang dewasa pun tidak menutup kemungkinan. Terlalu banyak makanan pedas akan mengakibatkan sembelit dan berakibat diare.

Baca juga : 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak

Beberapa faktor di atas yang akan penyebab diare pada anak, harus sesegera mungkin di hindari. Ini semua tergantung dari peran orang tua yang harus selalu memonitor anak Anda, agar mereka selalu terhindar dari serangan diare. 

Ketika anak Anda sudah terlanjur terkena diare, hal yang paling penting adalah berikan terus mereka cairan/minum dan yang lebih bagus lagi memberikannya oralit. Atau apabila diare sudah terlanjur parah, maka sesegera mungkin berkonsultasi pada dokter. (*)

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.