Apa Saja Manfaat Daging Kalkun untuk Kesehatan Tubuh Kita? Berikut Ini Penjelasannya... Apa Saja Manfaat Daging Kalkun untuk Kesehatan Tubuh Kita? Berikut Ini Penjelasannya...


Apa Saja Manfaat Daging Kalkun untuk Kesehatan Tubuh Kita? Berikut Ini Penjelasannya...
Duniainformasikesehatan.com - Mungkin tidak banyak kalangan yang sudah mengetahui apa saja manfaat daging kalkun untuk kesehatan. Memang tak heran, karena pada umumnya kalangan masyarakat di Indonesia hanya mgnkonsumsi daging unggas seperti ayam atau burung. Sedangkan unggas seperti kalkun biasanya jarang sekali di konsumsi, terkecuali memang individu tersebut sangat menyukai daging kalkun.

Kalkun atau ayam kalkun merupakan salah satu jenis hewan unggas yang berasal dari golongan ordo Galliformes genus Meleagris. Fisiknya sendiri lebih besar dari ayam dan rentangan sayapnya mencapai 1.8 meter. Dan ternyata, daging ayam kalkun juga memiliki beragam nutrisi dan vitamin yang dapat menyehatkan tubuh. Lalu, apa saja manfaat mengkonsumsi ayam kalkun begi kesehatan? Inilah sederetan manfaat daging kalkun untuk kesehatan.

Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan protein dan juga asam amino yang cukup tinggi pada daging kalkun ternyata dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan asupan nutrisi yang seimbang ke dalam tubuh, maka tingkat kekebalan tubuh atau imun tubuh pun secara otomatis akan meningkat. Sehingga tubuh tidak akan mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

Baca Juga : Mengejutkan! Hanya Menaruh Garam dan Air Dalam Gelas, Lihat Apa yang Terjadi!

Mencegah Penyakit Kolesterol

Kendati merupakan bahan makanan seperti daging, namun diketahui bahwa kandungan lemak yang terdapat di dalam daging kalkun sangatlah kecil. Kalaupun terdapat lemak di dalam daging kalkun tersebut, lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh. Untuk itulah mengapa mengkonsumsi daging kalkun tidak berbahaya untuk tubuh dan menimbulkan beragam penyakit berbahaya seperti jantung dan kolesterol.

Membantu Mengatasi Insomnia

Percaya atau tidak, daging kalkun juga dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia atau sulit tidur di malam hari. Hal tersebut karena di dalam daging kalkun terdapat vitamin B6 dan B3 yang akan membantu mengontrol emosi. Selain itu, kandungan tryptophan pada daging kalkun dapat membantu tingkat produksi serotonin yang berfungsi sebagai neurotransmitter yang menenangkan suasana hati hingga memberikan rasa kantuk.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa daging kalkun tidak mengandung lemak yang berbahaya. Sehingga daging kalkun ini dapat digunakan untuk menu diet agar tubuh tetap memperoleh asupan protein yang seimbang. Terlebih daging kalkun juga bersifat mengenyangkan hingga akan memperlembat pencernaan dan akan membuat perut tetap terasa kenyang setelah mengkonsumsinya.

Membantu Proses Pembentukan Tubuh

Bagi Anda yang tengah melakukan body building atau membentuk otot tubuh, maka daging kalkun merupakan sumber protein dan karbohidrat yang paling direferensikan. Terlebih daging kalkun juga sangat rendah lemak dan kolesterol sehingga tidak akan membuat tubuh berlemak. Dan kandungan vitamin serta mineral yang terdapat di dalam daging kalkun juga akan membantu proses pembentukan tubuh.

Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Berbeda dari jenis daging lainnya, daging ayam kalkun justru diketahui merupakan jenis daging yang paling baik untuk di konsumsi karena sangat rendah lemak. Selain itu, daging kalkun juga diketahui memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, sehingga akan membantu tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkena penyakit berbahaya seperti kanker.

Baca Juga : 5 Tips dan Cara Ini Dapat Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Anak

Aman Bagi Penderita Diabetes

Selin beberapa manfaat di atas, ternyata daging ayam kalkun juga sangat aman di konsumsi oleh para penderita penyakit diabetes. Hal tersebut karena kandungan yang terdapat di dalam daging kalkun dapat membantu tingkat insulin yang terdapat di dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah pada tubuh pun tidak akan meningkat dan akan terkontrol dengan baik.

Itulah beberapa manfaat daging kalkun untuk kesehatan tubuh kita yang mungkin masih jarang diketahui oleh sebagian besar kalangan masyarakat pada umumnya. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Artikel Menarik Lainnya

loading...

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.